Angkasa Pura 2

Puncak Arus Balik Lebaran di Jakarta Terjadi Selasa dan Sabtu Besok

KoridorSenin, 20 Juli 2015
Terminal Kampung Rambutan

JAKARTA (beritatrans.com) – Puncak arus balik Lebaran di beberapa terminal bus AKAP di Jakarta diperkirakan akan melonjak pada Selasa (21/7) dan Sabtu (24/7/2015). Sampai Sabtu (19/7/2015) malam. pantauan ke sejumlah Terminal Bus AKAP di Jakarta masih sepi dan belum ada peningkatan arus penumpang balik Lebaran yang signifikan.

Perkiraan awal, akan ada 10 ribu penumpang akan tiba Ibukota Jakarta daerah baik di Jawa atau Sumatera. “Kami perkirakan puncak arus balik bisa Sabtu, karena sudah dekat di penghujung liburan dan mulai masuk kerja pada Senin (26/7/2015),” kata Staf Tata Usaha Terminal Bus Antarkota Antarpropinsi (AKAP) Kalideres Iwan Rukiyadi di Jakarta, Minggu (19/7/2015).

Seperti dikutip tribunnews.com, Iwan menambahkan, pihak Terminal Kalideres juga mengestimasi lonjakan penumpang arus balik akan terjadi pada Selasa (21/7/2015). Pasalnya, hari tersebut merupakan hari terakhir cuti bersama kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sesuai tren yang terjadi setiap tahun, ujar Iwan, jumlah penumpang arus balik selalu jauh lebih banyak dibanding arus mudik. Pada 15 hari arus mudik Lebaran 1436 Hijriah, ujar Iwan, puncaknya terjadi pada H-2 atau Rabu (15/7/2015) dengan penumpang yang berangkat sebanyak 6.972 orang.

Menurut Iwan, pemudik yang kembali biasanya membawa rekan-rekan di kampungnya untuk bekerja di Jakarta dan kota-kota sekitar Jakarta, seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Jika dilihat agregat, menurut Iwan, jumlah penumpang arus balik biasanya meningkat 50 persen dibanding saat arus mudik. “Maka dari itu, puncak arus balik nanti bisa 10 ribu pemudik yang kembali lewat Kalideres,” kata dia.

Iwan menambahkan jumlah pemudik yang tiba di Kalideres, paling banyak berasal dari kota-kota di Jawa Tengah, seperti Solo, Purwokerto, Pekalongan, Purwodadi, Blora dan Cepu. Kemudian kota-kota di Jawa Barat, Sumatera, dan Jawa Timur, serta Nusa Tenggara Barat/Timur.

Para pemudik yang kembali, ujar Iwan, biasanya akan tiba pada malam hari. Mayoritas pemudik yang berangkat dan kembali melalui Terminal Kalideres merupakan pemudik dengan kota tujuan atau kota asal di Jawa Tengah dan juga Banten.

Kota di Jateng yang menjadi sasaran mayoritas pemudik antara lain, Solo, Purwokerto, Pekalongan, Purwodadi, Blora dan Cepu. Sedangkan kota atau daerah sasaran di Banten antara lain, Serang, Cilegon dan juga Pelabuhan Merak.

Sementara itu lebih dari 2.000 penumpang diperkirakan akan balik ke Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) pada Minggu atau hari ketiga lebaran.

“Prediksi kami di atas 2.000-an untuk incoming pax (penumpang yang datang) via HLP,” kata Manajer Operasi PT Angkasa Pura II Bandara Halim Perdanakusuma Ibut Astono.

Berdasarkan pantauan, suasana Bandara Halim pada pukul 09.00 WIB relatif masih tidak terlalu ramai pada Minggu pagi.

Hingga saat ini, terdapat lima penerbangan yang sudah mendarat via Bandara Halim, antara lain, penerbangan maskapai Citilink dari Surabaya pada pukul 06.14 WIB, dari Yogyakarta pukul 07.00 WIB, dari Medan pada pukul 08.50 WIB, dan Palembang 09.20 WIB.(zal/tribs)

loading...