Angkasa Pura 2

Dirjen Bobby Akan Temani Pemudik Motor Naik KM Dobonsolo Dari Semarang Ke Jakarta

DermagaKamis, 23 Juli 2015
IMG_20150722_112034_edit

SEMARANG (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R. Mamahit direncanakan melepas KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kamis (23/7/2015) sore. Bobby akan didampingi sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan termasuk Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang Marwansyah, SH, MM, MH.

Capt. Bobby akan ikut pulang ke Jakarta bersama warga masyarakat dengan kapal laut tersebut. Kapal yang dioperasikan PT Pelni itu akan diberangkatkan dengan membawa penumpang mudik gratis asal Semarang dan sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Sebelumnya, KM Dobonsolo adalah yang kedua kalinya membawa penumpang arus balik Lebaran asal Semarang. Direcanakan, KM Dobonsolo akan megangkut peserta arus balik gratis dengan kapal laut asal Semarang Jawa Tengah ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sedikitnya ada lima kapal penumpang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Semarang, pada hari Kamis (23/7/2015). Selain KM Dobonsolo, ada empat kapal lainnya akan berlayar tujuan beberapa kota di Kalimantan.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang Marwansyah,SH, MM, MH mengatakan, untuk sementara tercatat ada 1.831 calon penumpang dan 821 unit sepeda motor.

“Mereka akan penumpang dan sepeda motor yang diangkut gratis kedua yang diberangkatkan dari Semarang pada masa Lebaran 2015,” kata Marwansyah kepada beritatrans.com, Rabu (22/7/2015) malam.

Namun begitu kata dia, sampai kapal dilepas nanti masih ada potensi jumlah penumpang dan sepeda motor akan bertambah. “Sampai sore nanti, bisa saja ada penambahan peserta arus balik gratis dari Semarang ini,” papar Marwan.

Pria asal Aceh itu menambahkan, selama ini KM Dobonsolo, ada beberapa kapal yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah. Kapal tersebut rata-rata akan berlayar ke daerah Kalimantan.

Marwan menyebutkan, beberapa kapal yang akan berangkat dari Semarang sampai Kamis malam antara lain KM Dharma Kencana III akan bertolak ke Pontianak Kalimantan Barat, dengan penumpang sebanyak 350 orang.

Kemudian KM Leuser tujuan Sampit Kalimantan Tengah. Kapal akan berangkat jam 20.00 dengan total penumpang 1.530 orang.

KM Binaiya akan berangkat jam 23.00 tujuan Kumai Kalimantan Tengah. Sampai Rabu malam, tercatat ada 640 orang penumpang.

Pada jam sama juga akan diberangkatkan KM. Dhrama Ferry. II tujuan Ketapang, Kalimantan Barat. Sedang jumlah penumpang tercatat 400 orang.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari