Angkasa Pura 2

Menhub Bersama Dirjen Hubla dan Gubernur Jateng Tinjau Proses Embarkasi KM Dobonsolo Di Semarang

Dermaga SDMKamis, 23 Juli 2015
IMG_20150723_121335

SEMARANG (beritatrans.com) -Menhub Ignasius Jonan bersama Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby R. Mamahit dan Guburnur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau persiapan embarkasi arus balik Lebaran 2015 dengan kapal laut di KM Dobonsolo.
Kapal Pelni itu sandar di dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (23/7/2015).

Ikut serta mendampingi Menhub Jonan dalam kunjungan ke KM Dobonsolo KSOP Tanjung Emas Marwansyah,SH, MM, MH Kepala OP Tanjung Priok Bay Muhammad Hasani, Direktur Navigasi Bambang S, dan Direktur Operasi PT Pelni Capt. Daniel Bangonan.

Kapal Dobonsolo ini sudah yang kedua kalinya mengangkut ribuan peserta mudik gratis dengan kapal laut termasuk sepeda motornya selama angkutan Lebaran 2015. Ratusan sepeda motor dan ribuan penumpang sejak pagi sudah embarkasi di KM Dobonsolo.

Hampir semua bagian kapal mulai deck bawah, kamar penumpang sampai restorasi dan fasilitas live musik disambangi Menhub Jonan bersama rombongan. Hal itu dilakukan untuk memastikan semua pelayanan berjalan baik dan laik operasi dan penuhi aturan keselamatan.

IMG_20150723_122317_edit

Dalam kesempatan peninjauan di deck penumpang, Menhub Jonan dan Gubernur Ganjar Pranowo sempat berdialog dan menanyakan alamat asal, seperti dari Demak, Purwodadi bahkan asal Gunung Kidul Yogyakarta.

Ganjar pun meminta agar pemudik memanfaatkan kesempatan mudik gratis termasuk dengan kapal laut ini dengan sebaik-baiknya. “Selain hemat, cepat dan juga. Murah sehingga uang bisa untuk keperluan yang lain,” tandas Ganjar.

Fasilitas mudik gratis ini dengan kapal laut, lanjut dia, sangat bermanfaat. Bisa menekan angka kecelakaan di jalan, tidak menambah kemacetan lalu lintas di jalan khususnya di jalur pantura Jawa.

“Baik ya, selamat jalan dan kembali menjalankan aktivitas kerja seperti biasa di Jakarta. Uang sakunya masih kan,” tanya Ganjar sambil bercanda.

Sesuai rencana, KM Dobonsolo akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sekitar jam 16.00. Perjalanan akan ditempuh sekitar 12-13 jam dan Jumat subuh kapal dijadwalkan sudah merapat di Pelabuhan Tanjung Priok.(helmi)