Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla & Ribuan Peserta Arus Balik Lebaran Disambut Meriah Di Pelabuhan Tanjung Priok

DermagaJumat, 24 Juli 2015
IMG_20150724_064830

JAKARTA (beritatrans.com) – Kapal KM Dobonsolo yang membawa 1.980 penumpang dan 841 sepeda motor telah merapat di Dermaga Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Jumat (24/7/2015) dengan selamat.

Kapal yang juga mengangkut Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Capt. Bobby R Mamahit itu merapat sekitar jam 06.00 setelah menempuh perjalanan selama 13 jam dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Jawa Tengah.

Ikut Bobby R.Mamahit, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Drs. Bay Muhammad Hasani dan Direktur Operasi PT Pelni Capt.Daniel Bangonan. Saat turun dari kapal, rombongan Dirjen Perhubungan Laut langsung disambut staf dan keluarga pemudik yag sejak subuh datang ke Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok itu.

Seluruh pejabat Pemerintah di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok mulai Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok, Hari Budi Susilo, pejabat Otoritas Pelabuan Tanjung Priok dan Polres KPPP Tanjung Priok ikut menyambut penumpang arus balik dengan kapal PT Pelni itu.

Setelah proses debarkasi selesai dan seluruh penumpang selesai dilakukan verifikasi dan membawa keluarga dan barang bawaan masing-masing, Capt. Bobby Mamahit bersama staf melepas kepulangan pemudik dengan sepeda motor ke berbagai daerah di Jabodetabek. Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera oleh Dirjen Hubla itu.

IMG_20150724_063719

Dalam sambutannya, Bobby Mamahit menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta arus mudik dan balik Lebaran dengan kapal laut. “Terima kasih telah ikut program mudik gratis dengan kapal laut dan terima kasih pula telah berlaku tertib dan disiplin selama pelayaran bersama KM Dobonsolo,” kata dia.

Tahun depan, menutut Bobby, pemerintah akan menambah kapasitas mudik gratis dengan kapal laut. Oleh karena itu, silakan ikut bergabung lagi dan kita bersama-sama pulang naik kapal dengan aman dan selamat.

“Jangan lupa, hati-hati di perjalanan ke rumah masing-masing. Salam untuk keluarga dan kita bertemuka kembali pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2016 mendatang,” terang Bobby.

Saat dikonfirmasi beritatrans.com di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat pagi, Bobby menambahkan, tahun depan diusahakan akan menyewa dua kapal Pelni sekaligus. Selama dua tahun ini, Ditjen Perhubungan Laut menyewa KM Dobonsolo untuk melayani mudik gratis. Tahun depan bisa tambah satu lagi serta tambahan lagi KRI dari TNI AL.

“Kalau semua rencana bisa berjalan lancar, kita optimis mampu mengangkut lebih dari 10.000 sepeda motor serta 30.000 penumpang gratis melaui kapal laut. Kalau dibandingkan kemacetan di jalan raya terutama jalur Pantura, naik kapal ke Semarang atau Surabaya masih lebih cepat, murah dan aman,” tegas Bobby.(helmi)

loading...