Angkasa Pura 2

Hartanto: PIP Semarang Hanya Terima Taruna Yang Terbaik

Figur SDMJumat, 24 Juli 2015
Hartanto smg

SEMARANG (beritatrans.com) – Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang siap menerima aruna baru tahun 2015 sebanyak 360 orang. Mereka terdiri dari tiga jurusan, yaitu nautika, teknika dan ketatalaksanaan angkutan laut dan kepalabuhanan (KALK).

“Kita mendapatkan kuota taruna baru sebanyak 360 orang. Tapi, semua akan disesuaikan dengan hasil seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) tahun 2015. Tahun ini, sipencatar hanya akan menerima taruna terbaik dan lulus seleksi dengan optimal,” kata Plt Direktur PIP Semarang, H.Hartanto, M.Mar.E saat dihubungi beritatrans.com di Semarang, Kamis (23/72015) siang.

Saat ini proses sipencatar sudah memasuki tahap kedua bahkan hasil psikotest sudah diumumkan. Bagi mereka yang lulus, akan mengikuti tes tahap berikutnya yaitu tes kesehatan dan kesamaptaan yang direncanakan serentah tanggal 27-28 Juli mendatang.

“Hasilnya akan diumumkan seminggu berikutnya dan terus memasuki tes wawancara. Tapi, sipencatar tahun ini menggunakan sistem gugur. Jika peserta tak lolos salah satu point tes akan langsung gugur dan tak bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya,” jelas Hartanto.

Dengan sistem tersebut, menurut dia, diharapkan bisa menjaring calon taruna yang benar-benar siap mengikuti proses pendidikan ekstra ketat dan selanjutnya bisa mengabdi dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

IMG_20150723_100547

“Maunya pimpinan, sipencatar tahun ini mampu mendapatkan in put taruna yang baik. Selanjutnya mengikuti proses pendidikan yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang terbaik pula. Kalau semua itu bisa direalisasikan akan bagus sekali,” papar Hartanto.

Kita di PIP Semarang, menurut dia, berusaha untuk menjaring calon taruna yang terbaik. Peminatnya bagus dan saat ini ada 590 caon taruna lolos psikotest. “Mereka itu akan disaring lagi menjadi hnya 360 orang, yaitu melalui tes kesehata dan kesampataan serta akhirnya tes wawancara. Kuota awal kita 360 orang untuk tiga jurusan,” sebut alumnus teknika PIP Semarang itu.

Kendati begitu, tambah dia, PIP Semarang tetap harus mengikuti prosedur dan aturan baju yang dibuat. Jika memang peserta tak memenuhi syarat, dan nilainya dibawah standarr passing grade yang ditetapkan tak bisa diterima.

“Harus dipastikan, semua calon taruna yang diterima adalah yang terbaik, fisik, mental dan psikologisnya. Mereka akan digembleng menjadi tarun transportasi yang profesional pula,” tegas Hartanto.(helmi)

loading...