Angkasa Pura 2

Penumpang Kereta Commuterline Melonjak Selama Libur Lebaran

EmplasemenSabtu, 25 Juli 2015
Sejumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line antre saat akan keluar dari Stasiun Tanah Abang di Jakarta

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) selaku operator yang menangani kereta rel listrik (KRL) Commuterline terus melakukan perbaikan pelayanan dalam masa angkutan Lebaran 2015 ini. Pembenahan dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KRL selama musim libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Kami telah mengantisipasi bertambahnya jumlah penumpang di sejumlah stasiun selama musim libur lebaran tahun ini. Upaya yang kami lakukan adalah dengan menambah jumlah loket, mengerahkan lebih banyak petugas, dan mengatur pergerakan penumpang di stasiun,” ungkap Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhila, seperti dikuitp beritasatu, Jumat (24/7/2015).

Pada dua hari sebelum lebaran, PT KCJ mencatat peningkatan 69 persen jumlah penumpang dibandingkan H-2 lebaran tahun 2014. Peningkatan ini salah satunya karena banyak pengguna jasa KRL yang berbelanja di pusat perbelanjaan sekitar stasiun, antara lain Pasar Tanah Abang.

Sementara itu, pada Minggu (19/7), terjadi peningkatan 29 persen jumlah penumpang KRL dibandingkan dengan H+1 lebaran tahun sebelumnya. Volume penumpang tertinggi terjadi di Stasiun Bogor dan Stasiun Jakarta Kota.

Untuk Stasiun Bogor jumlah penumpangnya mencapai 148.000 penumpang pada Minggu (19/7). Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah penumpang yang berwisata dan bersilaturahmi bersama keluarga.

“Meskipun jumlah penumpang tumbuh signifikan dibanding masa Lebaran tahun lalu, situasi di sejumlah stasiun yang padat penumpang misalnya Bogor, Jakarta Kota, dan Bekasi tetap kondusif. Operasional KRL juga berjalan lancar dan aman,” pungkas Fadhil.

Secara umum hingga H+3 masa angkutan lebaran tahun ini, pertumbuhan penumpang adalah 33 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada kurun waktu tiga hari sebelum hingga tiga hari setelah lebaran tersebut, PT KCJ telah melayani lebih dari 4,5 juta penumpang KRL. sejumlah evaluasi akan terus dilakukan untuk peningkatan pelayanan. (tiefa).