Angkasa Pura 2

YLKI: Pemda Harus Bangun Transportasi Di Daerahnya

KoridorMinggu, 26 Juli 2015
Terminal Pulogadung

JAKARTA (beritatrans.com) – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) memperbaiki transportasi umum di daerahnya. Salah satu alasan pemudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, karena di daerah minim akses transportasi umum.

Demikian siaran pers Ketua Harian YLKI Tulus Abadi di Jakarta, Minggu (26/7/2015). Pernyataan itu disampaikan terkait pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2015 yang masih diwarnai kemacetan parah dan kecelakaan dengan banyak korban jiwa.

Menurutnya, Pemda perlu membangun angkutan umum agar masyarakat jangan memaksakan diri untuk menggunakan sepeda motor sebagai sarana mudik, apalagi dengan penumpang/barang yang over kapasitas.

Selanjutnya, YLKI mengusulkan agar Pemerintah meningkatkan angka santunan bagi korban meninggal dan luka berat, yang selama in hanya “dihargai” Rp25 juta saja, dari Jasa Raharja.

“Padahal, korban laka lantas biasanya jatuh miskin. Bandingkan dengan santunan serupa di Malaysia yang mencapai Rp3,1 miliar,” sebut Tulus.

YLKI meminta operator jalan rata memperbanyak akses rest area, khususnya di tol Cipali, atau bahkan di jalan-jalan arteri. Akses rest area sangat penting bagi pemudik untuk istirahat.

“Janganlah Pemerintah hanya menjadikan tingginya korban masal selama mudik Lebaran hanya menjadi data statistik belaka, tanpa upaya serius untuk menguranginya hingga ke titik nol (zero accident),” tegas Tulus.(helmi)

loading...