Angkasa Pura 2

Balitbanghub: 15 Tahun Lagi, Wilayah Timur Indonesia Terkoneksi 146 Lintas Penyeberangan

LitbangSelasa, 28 Juli 2015
Pelabuhan Penyeberangan Kupang-ilustrasi

JAKARTA (beritatrans.com) — Badan Litbang Perhubungan Kementerian Perhubungan merilis data bahwa 15 tahun kedepan wilayah Timur Indonesia akan terkoneksi 146 lintas pelayanan penyeberangan di seluruh wilayah nusantara.

Rilis hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Balitbang Kementerian Perhubungan 2014 itu juga mengungkap terkoneksinya 146 lintas pelayanan penyeberangan di wilayah timur itu akan efektif mendukung program besar MP3EI atau Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang tahun ini memasuki tahun ke empat.

Rilis itu merupakan hasil studi optimalisasi kinerja transportasi penyeberangan dalam upaya peningkatan konektivitas di wilayah Timur Indonesia dalam mendukung MP3EI.

Berdasarkan analisis Balitbang, jika pemerintah melakukan investasi pada transportasi penyeberangan, maka akan diperoleh peningkatan kontribusi di masing-masing sektor ekonomi di wilayah Timur Indonesia.

Meski peningkatan itu masih dikisaran angka 1 persen pada 2020 dan 2025, namun angka itu sangat signifikan bagi wilayah Timur yang notabene jumlah penduduknya lebih sedikit dari wilayah Barat.

Komparasinya, jika di wilayah Barat Indonesia konektivitas penyeberangan memberikan kontrobusi 94,8 persen itu sama dengan 5,2 persen kontribusi di wilayah Timur Indonesia.

Kondisi itu berkorelasi dengan besaran investasi sektor transportasi khususnya sub sektor transportasi penyeberangan yang juga marjinal di wilayah Timur Indonesia.(fenty)

loading...