Angkasa Pura 2

Dimediasi Kapolda Metro Jaya, Mogok Pegawai JICT Berakhir

DermagaSelasa, 28 Juli 2015
tmp_19036-IMG_20150728_174927-1257089198

JAKARTA (beritatrans.com) – Aksi mogok kerja karyawan PT Jakarta International Container Terminal (JICT) berakhir sekitar Pk 13.00 WIB Senin, setelah PHK terhadap dua karyawan Ermanto (manager HRD) dan Iqbal (manager IT) dibatalkan oleh managemen JICT dukungan Dirut Pelindo II, RJ Lino.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, yang memediasi  RJ Lino dan Serikat Pekerja (SP) JICT, mengatakan alasan SP JICT mogok karena menolak perpanjangan konsesi JICT kepada asing dan adanya pemecatan terhadap dua karyawan.

Polisi sesuai UU No. 2 Tahun 2002 berkewajiban menjamin keamanan dan ketertiban umum dalam kasus ini menjamin terminal kontainer beroperasi kembali agar perekonomian nasional tidak terganggu.

Dari hasil pertemuan dengan manajemen JICT dan Dirut Pelindo II (komisaris utama JICT) RJ Lino, dicapai kesepakatan akan membatalkan PHK terhadap dua karyawan JICT.

Namun Lino tetap ngotot akan melaporkan karyawan tersebut ke polisi karena dinilainya melakukan perbuatan  pidana yaitu mematikan sistem operasional kontainer berbasis IT.

“Silakan saja Pak Lino melapor ke polisi, nanti kita lihat ada unsur pidananya atau tidak.  Polisi akan bersikap profesional,” ujar Kapolda

Mengenai penolakan SP JICT terhadap perpanjangan konsesi JICT kepada asing merupkan domain pemerintah dan DPR bukan ranah kepolisian, kata Kapolda. (wilam).