Angkasa Pura 2

Perum DAMRI Masih Siaga Sampai H+10 Lebaran

KoridorSelasa, 28 Juli 2015
IMG_20150728_094917_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Perum DAMRI masih mempertahankan kondisi siaga sampai H+10 Lebaran, meski Posko Angkutan Lebaran Nasional 2015 sudah ditutup, Selasa (28/7/2015). BUMN angkutan darat itu sebagian awak teknik dan armada sudah ditarik kembali ke Jakarta . Tapi di lapangan khususnya jalur mudik di Jawa.

“Awak dan armada DAMRI masih siaga sampai H+10 nanti. Kita siap jika sewaktuwaktu ditugaskan negara untuk melayani warga masyarakat, seperti saat Banadara Juanda Surabaya ditutup pada H-1 Lebaran kemarin,” kata Dirut Perum DAMRI Agus Suherman Subrata didampingi Rirektur Teknik DAMRI Bages Wisanggeni kepada beritatrans.com di Jakarta, Selasa.

Namun begitu, lanjut Bagoes masih banyak awak bus, teknisi serta armada DAMRI yang masih di lapangan. Selain ratusan bus AKAP DAMRI yang melayani masyarakat dalam arus balik Lebaran ini, mereka juga bisa dikerahkan untuk menangani kondisi darurat. Misalnya saat bandara Surabaya ditutup karena erupsi Gunung Raung, terjadi penumpukan calon penumpang mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

“Menyikapi kondisi tersebut, DAMRI kemarin ditugaskan untuk menyiapkan armada dan awak bus untuk mengangkut mereka. Sebagian naik bus AKAP khususnya DAMRI dan sebagian naik kereta api (KA) tujuan Surabaya dan Malang,” sebut Bagoes.

Kamis (16/7/2015) atau H-1 Lebaran, Perum DAMRI menurunkan 26 bus tujuan Surabaya dan Malang. Kemudian esok harinya, Jumat DAMRI menambah 4 bus AKAP lagi. “Semua bisa dilayani sampai tujuan meski waktu tempunya jauh lebih lama dibandingkan pesawat terbang. Namun dibandingkan saat puncak arus mudik, perjalanan DAMRI ke Surabaya dan Malang antara 18-20 jam,” tandas Bagoes.

“Mengantipasi hal-hal tak diinginkan, DAMRI tetap dalam kondisi siaga sampai H+10. Paling tidak jika ada kondisi darurat da DAMRI ditunjuk untuk melaksanakan tugas telah siap. DAMRI sebagai BUMN tentu akan selalu siap mendukung dan melaksanakan tugas-tugas dari Pemerintah,” tegas Bagoes.(helmi)

loading...