Angkasa Pura 2

Kepala BPSDM Perhubungan

Tes Kesehatan dan Kesamaptaan Calon Taruna Perhubungan Diumumkan 5 Agustus 2015

SDMSelasa, 28 Juli 2015
Tommy Baruu

JAKARTA (beritatrans.com) – Hasil tes kesehatan dan kesamaptaan calon taruna Badan Pengembangan SDM Perhubungan akan disampaikan Rabu tanggal 5 Agustus 2015. Selanjutnya mereka arus mengikuti tes wawancara sebelum resmi diterima dan siap masuk diklat masa dasar pembentukan kharakter taruna perhubungan.

“Kini, seluruh peserta yang lolos psikotes, tengah menjalani tes kesehatan dan kesamaptaan di kampus masing-masing. Hasilnya akan diumumkan serentak 5 Agustus 2015,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utimo, SH, M.Si kepada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Pada seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) BPSDM Perhubungan tahun 2015, menurut Tommy, sapaan akrab dia, semua akan ditentukan dari hasil tes dan seleksi yang dilakukan panitia secara bertahap.

“Mereka harus dipastikan lulus dan memenuhi pasing grade yang ditetapkan di kampus masing-masing. Tak harus sesuai kuota yang ditetapkan di awal. Namun semua harus dipastikan lulus tes seleksi secara penuh,” kata Tommy.

Semula BPSDM Perhubungan menetapkan kuota taruna baru yang akan diterima tahun 2015 sebanyak 2.850 di seluruh Indonesia. Tapi, kebijakan pimpinan Kementerian Perhubungan taruna yang diterima hanya mereka yang lulus seleksi bagi kesehatan atau kemampuan akademiknya. “Tak harus memenuhi kuota. Tapi harus dipastikan mereka lolos seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh panitia,” tandas Tommy.

IMG_20150728_070426

Lapangan Bintang STIP

Pantauan beritatrans.com di Kampus STIP Jakarta, tes kesehatan dan kesamaptaan sudah dilakukan sejak kemarin, Senin (27/7/2015). Tampak ratusan peserta sudah berkumpul di Lapangan Bintang STIP. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang akan menjalani tes kesehatan serta tes kesamaptaan.

Pembantu Ketua III STIP Jakarta Capt.Prihartanta mengatakan, kita tengah melakukan tes kesehatan dan kesamptaan calon taruna. “Tes terus berjalan dan mungkin akan sampai empat hari ke depan. Hasilnya akan disampaikan ke panitia pusat dan mereka yang akan menentukan keluluannya,” kata dia.

Sesuai rencana awal, kata Prihartanta, STIP Jakarta akan menerima 450 taruna baru tahun 2015. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu jurusan teknika, jurusan nautika dan KALK. “Sesuai arahan pimpinan, nanti hanya mereka yang lulus seleksi yang akan diterima. Jadi, taruna baru nanti harus siap untuk belajar dan bekerja ekstra keras. Tapi kita optimis kita mampu mencapai target tersebut,” tegas Prihartanta.(helmi)

loading...