Angkasa Pura 2

Menhub Jonan Tercengang, Pengguna Sepeda Motor Naik 48,8% Selama Lebaran

KoridorRabu, 29 Juli 2015
ARUS MUDIK MOTOR

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengguna sepeda motor selama Lebaran 2015 melonjak luar biasa. Pengunaan sepeda motor tersebut mencapai 48,8 persen dibandingkan pada Mudik Lebaran tahun 2014. Data inilah yang cukup mencengangkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengingat pemerintah sudah menyediakan fasilitas mudik gratis bagi pengguna sepeda motor baik dengan kapal laut, kereta api (KA), bus dan truk.

“(Penggunaan) sepeda motor (untuk mudik) naik 48 persen dibandingkan operasi Lebaran tahun lalu. Jadi, ini besar sekali,” ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Data Posko Angkutan Lebaran Nasional Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2015 menyebutkan, jumlah sepeda motor yang digunakan selama Mudik Lebaran 2015 mencapai 3,75 juta sepeda motor. Sementara itu Mudik Lebaran tahun lalu, jumlah sepeda motor yang digunakan untuk Mudik hanya 2,52 juta sepeda motor.

Jonan menduga, kenaikan penggunaan sepeda motor tersebut diakibatkan belum dipercayainya angkutan bus reguler sebagai moda transportasi yang nyaman saat mudik. Indikasi itu terlihat dari menurunnya jumlah pengguna jalan saat Mudik Lebaran 2015 sebanyak 10,2 persen dibandingkan Mudik Lebaran tahun 2014.

Selain itu, pelayanan di terminal juga belum maksimal. Saat meninjau berbagai terminal di Jawa, Jonan menilai banyak kondisi terminal bus yang tertinggal alias ketinggalan zaman.

“Saya sendiri beberapa kali ke terminal bus. Sampling saja mulai dari Surabaya, Turrboyo Semarang, juga Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Kalideres. Memang saya lihat terminal busnya sudah ketinggalan. Jadi, dari pada nanti banyak yang mau studi banding. Enggak ada gunanya menurut saya. Kita bikin terminal bus itu paling kurang sama seperti stasiun kereta api. Mestinya lebih baik,” papar Jonan.

Di sisi lain, kata Jonan, Kementerian Perhubungan telah berupaya menyediakan Mudik gratis untuk pengguna sepeda motor mulai dengan moda transportasi bus, kereta api, hingga kapal laut. Tujuannya, untuk mengurangi penggunaan sepeda motor selama Mudik Lebaran tahun ini.

Namun begitu, Jonan menambahkan kontribusi penyediaan Mudik gratis dengan motor sangat kecil apabila dibandingkan dengan total jumlah keseluruhan pemudik.(fenty/helmi)