Angkasa Pura 2

Hindari Jagal Manusia

Pemerintah Harus Bangun Infrastruktur Transportasi Umum Yang Bagus

KoridorRabu, 29 Juli 2015

JAKARTA (beritatrans.com) – Pemerintah Pusat dan Daerah (pemda) harus segera menyiapkan infrastruktur transportasi darat yang baik dan efisien. Ini salah satu alternatif penggunaan sepeda motor terutama untuk jarak menengah dan jauh, yang cenderung menjadi “jagal manusia” itu.

“Termasuk di dalamnya membangun moda angkutan kota (angkot) dan angkutan desa (angkudes) supaya pemotor mau pindah ke angkutan umum,” kata pengamat kebijakan publik Agus Pambagio kepada beritatrans.com di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Selama ini, tak bisa melarang penggunaan sepeda motor termasuk Pemerintah sendiri. Yang terjadi justru penggunaan sepeda motor justru meningkat. Salah satunya penggunaan sepeda motor saat angkutan Lebaran 2015 yang tercatat naik sebesar 48,8% dibandingkan tahun lalu.

“Kalau dilarang (menggunakan peseda motor, sementara jika tidak ada alternatifnya angkutan umum penggantinya tidak bijak,” kilah Agus.

Meski harus diakui, lanjut Agus, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik saat Lebaran sangat berbahaya.

“Data Polri menyebutkan, 70% kasus dan korban kecelakaan di jalan raya melibatkan sepeda motor,” sebut mantan Ketua YLKI itu lagi.

Ditambahkan Agus Pambagio, penggunaan sepeda motor untuk mudik sangat tidak dianjurkan. “Kan aku sudah bilang dari dulu, kalau sepeda motor dipakai perjalanan jarak jauh akan menjadi jagal manusia,” tegas Agus.(helmi)

loading...