Angkasa Pura 2

Pemerintah Harus Bangun Angkutan Umum Yang Bagus Untuk Alihkan Pengguna Sepeda Motor

KoridorRabu, 29 Juli 2015
Agus Pambagio

JAKARTA (beritatrans.com) – Sepeda motor menjadi alat transportasi termurah bagi warga masyarakat, termasuk untuk mudik Lebaran. Padahal, pengguna sepeda motor sangat rawan kecelakaan di jalan raya.

“Pemerintah harus membangun transportasi darat yang baik dan harga terjangkau jika ingin mengalihkan pengguna sepeda motor itu. Selama tak ada alternatif yang baik ya sulit,” kata pengamat kebijakan publik Agus Pambagio kepada beritatrans.com di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Data Posko Angkutan Lebaran 2015 menyebutkan, terjadi kenaikan pengguna sepeda motor sebersa 48,8% dibanding periode sama tahun 2015.

Masyarakat, lanjut Agus, membutuhkan transportasi di kampungnya saat mudik Lebaran. Sementara disana tidak ada trasnportasi di kota atau desa yang dapat diandalkan.

“Implikasinya maka motorlah yang digunakan warga termasuk saat mudik Lebaran kemarin,” jelas Agus lagi.

Kondisi tersebut didukung makin mudah dan murahnya membeli sepeda motor. Para produsen sepeda motor di Tanah Air makin agresif di bidang pemasaran.

“Bunga redah dan dengan cicilan rendah pula. Tak aneh jika kini makin banyak warga memiliki dan menggunakan sepeda motor untuk mendukung mobilitas termasuk di kampung halaman,” tegas Agus Pambagio.(helmi)