Angkasa Pura 2

Gaikindo Khawatir Kondisi Infrastruktur Hambat Penjualan Mobil Listrik

KoridorJumat, 31 Juli 2015
mobil listrik

SURABAYA (beritatrans.com) – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) khawatir belum adanya pemerataan infrastruktur semakin menghambat penjualan mobil listrik di Tanah Air.

“Kami dengan 40 perusahaan yang tergabung di Gaikindo memang mudah saja memproduksi mobil listrik untuk konsumen di dalam negeri. Tapi, sekarang permasalahannya adalah infrastruktur terutama ada tidaknya charging station,” kata Sekretaris Umum Gaikindo Noegardjito di Surabaya, Kamis.

Untuk merealisasi mobil listrik, ungkap dia, saat ini harus ada komitmen dari pemerintah. Salah satunya dalam meningkatkan jumlah dan perluasan infrastruktur penunjang mobil listrik.

“Oleh sebab itu, kondisi yang ada di Tanah Air perlu di-upgrade. Apalagi, untuk mewujudkan charging station dibutuhkan data listrik yang besar,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Selain itu, jelas dia, juga diperlukan dana tidak sedikit guna membangun satu charging station. Contohnya, di Jepang dengan dukungan infrastruktur sangat bagus justru untuk satu alat charge mobil listrik membutuhkan investasi senilai Rp60 juta. (aliy)

loading...