Angkasa Pura 2

25 Agustus, Taruna Baru BPSDM Perhubungan Mulai Diklat Di Puslatpur Purboyo Malang

SDMSabtu, 1 Agustus 2015
Puslatpur Purboyo

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Pengembangan SDM Perhubungan akan menggelar pendidikan dan latihan (diklat) Masa Dasar Pembentukan Kharakter Taruna Perhubungan tahun 2015 selama sebulan. Program itu jauh lebih lama dibanding sebelumnya yang hanya 10 hari, dan terpisah-pisah baik di Surabaya atau Cipatat Bandung.

“Diklat Masa Dasar Pembentukan Kharakter Taruna Perhubungan mulai tahun ini akan dilakukan selama sebulan penuh. Pelaksanaan diklat akan dipusatkn di Puslatpur Marinir TNI-AL di Purboyo, Malang Jawa Timur,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH, M.Si saat dihubungi beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

“Sesuai rencana, diklat dasar taruna baru tersebut akan dimulai 25 Agustus 2015. Diklat akan diikuti seluruh taruna baru hasil seleksi tahun 2015 yang kini masih dalam proses. Hasilnya akan diketahui pertengahan Agustus dan tanggal 22 Agustus masuk diklat dan 25 Agustus 2015 akan dilakukan pembukaan diklat tersebut,” jelas Tommy.

Menurutnya, diklat dasar bagi taruna perhubungan dimaksudakn untuk memberikan dasar dan membentuk kharakter taruna perhubungan. Mereka harus mempunyai jiwa dan semangat sebagai taruna perhubungan. Pada saatnya mereka belajar dan lulus menjadi perwira transportasi, sudah tahun tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka.

“Untuk menggelar diklat ini, sengaja menggaet TNI-AL, karena mereka yang mempunyai fasilitas, SDM dan infrastruktur yang cukup andal untuk menangani sekitar 2.850 taruna baru. Alternatifnya ada di Puslatpur Marinir TNI-AL Purboyo Malang itu,” jelas Tommy.

Selain itu, kilah Tommy, Pusdikif TNI-AD di Cipatat Bandung pada waktu bersamaan sudah ada acara lain. “Jadi, kita tak bisa memaksakan harus masuk Pusdikif Cipatat seperti tahun lalu. Diklat tersebut juga tak boleh mengganggu jadwal akademik, jadi semua harus dilakukan tepat waktu,” sebut Tommy.

Jadi, nanti seluruh taruna baru BPSDM Perhubungan akan masuk diklat di Puslatpur Marinir Purboyo, Malang. Tak ada lagi pengelompokan seperti yaitu wilayah barat dan timur. “Semua taruna BPSDM Perhubungan akan masuk dikat yang sama di lokasi yang sama dan ditangani oleh instruktur yang sama pula,” tegas Tommy.(helmi)

loading...