Angkasa Pura 2

Kepala Badan Litbang Luncurkan Library Update

LitbangSenin, 3 Agustus 2015
IMG_1278

JAKARTA (beritatrans.com) — Perpustakaan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan melaunching Library Update sebagai media informasi terbaru perpustakaan kepada intern Kementerian Perhubungan dan publik.

Bertepatan dengan halal bihalal di lingkup Badan Litbang Perhubungan, Senin (3/8) Library Update diperkenalkan sebagai pendukung keberadaan perpustakaan yang baru saja bertransformasi.

Kepala Badan Litbang Perhubungan DR. Elly Adriani Sinaga, M.Sc menyebut Library Update sebagai pendukung keberadaan perpustakaan Litbang yang sudah bertransformasi yang dimulai dengan berubahnya arsitektur gedung yang iconic dan megah dengan tetap mempertimbangkan kesesuaian dengan arsitektur gedung utama yang merupakan cagar budaya.

“Boleh bangga juga ya, yang mendesain perpustakaan ini saya semua, awalnya mau mirip White House (Gedung Putih) di Amerika sana. Tapi di perpustakaan ini tersedia banyak harta kita,” kata Elly,Senin.

Transformasi perpustakaan, dikatakan Elly, sebagai langkah nyata Badan Litbang Perhubungan sebagai sarana pendukung penyelenggaraan penelitian dan pengembangan di bidang transportasi untuk menyusun kebijakan teknis.

“Transformasi perpustakaan Litbang ini juga bagian dari upaya menjadikan perpustakaan Badan Litbang sebagai knowledge center for transpotation in Indonesia,” ujar Elly.

Perpusatakaan juga dilengkapi sistem e-library yang merupakan aplikasi penelusuran koleksi perpustakaan secara online untuk penelusuran koleksi literature, jelas Elly.

IMG_1401

Daftar HAKI
Ia menambahkan perpustakaan memiliki peran strategis baik dalam tahap awal penelitian sebagai tempat penelusuran referensi dalam mencari informasi awal maupun pada tahap akhir sebagai wahana pendukung dalam perumusan dan evaluasi kebijakan.

Sebagai institusi, lanjut dia, penelitian membutuhkan era informasi untuk menghasilkan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan bangsa di bidang transportasi.

“Kami akan daftarkan hasil peneliti yang sudah dibukukan dan ada diperpustakaan itu ke Kementerian Hukum dan Perudang-udangan, kita akan coba dapatkan HAKI-nya. Hingga kini kita baru dapat 6 HAKI atas hasil penelitian, Kedepannya akan diupayakan lebih, lumayan banyak hasil litbang kita, sangat bahaya yang kita hasilkan, kalau gak di HAKI-kan” jelas Elly.

Sementara itu Kepala Pusat Dokumentasi dan Kerjasama Litbang Perhubungan Drs. Juren Capah, MMTr mengatakan Lib-Up ini akan terbit setiap bulan memberikan informasi atau artikel terbaru dari hasil peneliti Litbang Perhubungan. “Kita akan terbitkan setiap bulannya sebagai informasi apa yang ada di perpustakaan kita,” kata Juren.

Untuk terbitan pertama Library Update memperkenalkan terlebih dulu seluruh isi perpustakaan yang baru saja mengalami perubahan.

Selain itu dimuat juga artikel peneliti Litbang Perhubungan Udara Eny Yuliawaty, Ms. Tr dengan judul Nusantara: Between Sky and Earth Couild the PPP be the Solution for Indonesian Airport Infrastructures?

Artikel Enny ini juga dimuat dalam Jurnal International Transportation Research. Artikel penelitian yang dibuat tahun 2013 itu juga mendapat penghargaan dari ELSEVIER sebagai The Top 5 Downloaded Articles in 2014. (fenty)

loading...