Angkasa Pura 2

Afen Sena: LP3 Banyuwangi Menuju Sekolah Penerbangan Terpercaya Di Asean

SDMSelasa, 4 Agustus 2015
IMG_20150804_121109_edit

BANYUWANGI (beritatrans.com) – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (LP3) Banyuwangi akan terus mengembangkan fasilitas dan sarana pendidikan untuk penerbangan. School Pilot Banyuwangi ini diproyeksikan menjadi sekolah penerbang yang maju dan terpercaya di Indonesia dan Asia Tenggara (Asean).

“Kami akan menambah kapasitas, dari saat ini area kampus seluas 2,4 ha menjadi 10 ha. Dengan begitu, kompleks kampus lebih luas dan memadai sehingga bisa menambah jumlah taruna,” kata Kepala LP3 Banyuwangi Afen Sena di Banyuwangi, Selasa (4/8/2015).

Saat ini, lanjut dia, LP3 Banyuwangu memiliki ruang kelas, lab komputer, perpustakaan, simulator, operation room dan asrama taruna. Selain itu ada hanggar dengan kapasitas 9 pesawat latih.

“Ke depan hanggar pesawat akan ditingkatkan sampai menampung 15 pesawat,” jelas Afen yang juga putra Banyuwangi itu mantap.

Saat ini kapasitas kampus LP3 Banyuwangi baru mampu menampung 120 taruna. “Sementara, kebutuhan pilot di Indonesia makin tinggi. LP3 Banyuwangi sebagai salah satu sekolah penerbang harus mengantisipasi tantangan ini,” papar Afen.

“Dalam waktu dekat, LP3 Banyuwangi akan menerima tambahan pesawat baru sebanyak 16 unit. Jadi, fasilitas pendukungnya juga harus disiapkan,” tukas Afen.

Melalui kerja sama dan kemitraan dengan Pemkab Banyuwangi serta masyarakat sekitar Bandara Belimbingsari, Afen optimis rencana pengembangan kampus LP3 Banyuwangi akan segera terwujud.

“LP3 Banyuwangi bermitra dengan Pemkab Banyuwangi serta semua pihak terkait. Keberadaan sekolah penerbang ini harus memberikan manfaat lebih bagi daerah dan Indonesia,” sebut Afen, didampingi Manager Humas LP3 Banyuwangi Frans Aryo Bandoro itu.

IMG_20150804_120154_edit

Kampus Hijau

Aryo menambahkan, kompleks LP3 Banyuwangi dicanangkan menjadi kampus hijau sekaligus ramah lingkungan dan budaya setempat.

Civitas akademik LP3 Banyuwangi menyatu dan membaur dengan aktivitas warga sekitar. Seluruh taruna LP3 Banyuwangi dididik dan dilatih untuk hidup membaur dengan masyarakat khususnya di sekitar kampus.

“Masyarakat Banyuwangi yang agamis terutama umat Islam sering menggelar acara seperti Semaan Al Quran atau Tartil Quran. Belum lama ini digelar Isrighosah Qubro dengan melibatkan warga sekitar. Saat itulah taruna LP3 Banyuwangi ikut terlibat dan mengamankan jalannya acara,” kata Aryo.

Sebaliknya, lanjut dia, untuk mewujudkan kompleks LP3 Banyuwangi sebagai kampus hijau, warga masyarakat dengan ikhlas menyumbangkan bibit tanaman untuk penghijauan sekitar kampus dan kompleks Bandara Belimbingsari.

“Sejak setahun terakhir, lebih dari 1.000 pohon ditanam di kompleks kampus LP3 Banyuwangi termasuk bantuan dari warga sekitar,” tambah Aryo.(helmi)