Angkasa Pura 2

Johnson Nyatakan Siap Jadi Kandidat Ketua Umum INSA 2015-2019

DermagaSelasa, 4 Agustus 2015
IMG_20150804_143645_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur PT Pelayaran Salam Bahagia yang juga Penasihat Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (DPP INSA) Johnson W Sutjipto menyatakan siap untuk maju sebagai kandidat ketua umum asosiasi perusahaan pelayaran niaga nasional itu untuk periode 2015 – 2019. Pemilihannya sendiri akan dilakukan pada saat Rapat Umum Anggota (RUA) ke-XVI DPP INSA, 20-21 Agustus 2015 mendatang.

“Yang menginspirasi saya untuk maju sebagai calon Ketua Umum INSA adalah gagasan besar para founding father INSA untuk menjadikan pelayaran sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” kata Johnson kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Johnson mengaku selama berkecimpung dalam bisnis pelayaran, dia telah merasakan susah dan senangnya menjalankan bisnis ini. “Tetapi jika dicermati perkembangan indsutri pelayaran nasional dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dalam enam bulan terakhir, sedang berada pada periode kemunduran,” kata Ketua Umum DPP INSA periode 2008 – 2011 ini.

Menurutnya, saat ini banyak kapal niaga nasional yang anggota INSA yang lay off, kinerja industri maritim terus melemah, iklim investasi kian memburuk yang diperparah dengan masalah defisit pelaut. “Permodalan, pembiayaan, asuransi, ketidakpastian kebijakan sektoral juga tidak mendukung program pemberdayaan industri pelayaran nasional,” tuturnya.

Program Nawa Cita melalui sembilan program prioritas, termasuk di dalamnya program tol laut dan agenda mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia dinilai cukup memberikan harapan, tetapi program tersebut membutuhkan dukungan semua pihak.

“INSA sebagai organisasi pelayaran niaga terbesar di Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu anggotanya mengatasi masalah-masalah pelayaran. Sehingga mengubah kondisi pelayaran menjadi lebih terang dan cerah serta menjajakan sesuai dengan visi dan misi INSA,” ujar Johnson. (aliy)