Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Gandeng Pemerintah Daerah Uji Coba Rute Aman Selamat Sekolah

KoridorKamis, 6 Agustus 2015
RASS

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan menggandeng Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali dan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan untuk melakukan uji coba penerapan rute aman selamat sekolah (RASS).

Keterangan tertulis Ditjen Hubdat yang diterima beritatrans.com, Kamis (6/8/2015) menyebutkan, uji coba RASS itu berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 911/AJ.403/DRJD/2015 tanggal 23 Maret 2015.

Disebutkan pula, kondisi anak sekolah saat ini sangat memprihatinkan karena setiap kali mereka berangkat sekolah harus berhadapan dengan kondisi jalan raya yang sangat tidak ramah anak.

Sedangkan amanat Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan mewajibkan Pemerintah untuk menyediakan kebijakan demi keselamatan bagi warganya.

Selain itu, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 pasal 28B ayat (2) menyatakan “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”.

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak juga menyatakan bahwa anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan.

Dalam uji coba penerapan RASS di dua kabupaten tersebut diantara menyediakan fasilitas perlengkapan jalan seperti marka jalan, zona selamat sekolah (ZoSS), halte permanen, dan Trotoar. (aliy)

loading...