Angkasa Pura 2

Wisuda Perwira BP2IP Tangerang

Tommy: Pelaut Harus Antisipasi Perkembangan Iptek Kemaritiman

Dermaga SDMKamis, 6 Agustus 2015
IMG_20150806_085309

TANGERANG (beritatrans.com) – Perwira pelayaran niaga harus mampu mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) khususnya bidang kemaritiman. Iptek harus mampu meningkatkan keselamatan pelayaran di Tanah Air.

“Iptek berkembang pesat termasuk di bidang maritim. Semua itu harus diantisipasi dan bisa dimanfaatkan untuk meringankan tugas pelaut saat berlayar,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH, M.Si saat wisuda perwira pelayaran BP2IP Tangerang, Kamis (6/8/2015).

Perkembangan iptek, lanjut Tommy, harus mampu membantu meringankan tugas pelaut. Sekaligus meningkatkan aspek keselamatan di saat berlayar guna menghindari jatuhnya korban.

“Perkembang iptek termasuk di bidang maritim harus membuat pelaut waspada, sekaligus meningkatkan keselamatan pelayaran,” tukas Tommy dihadapan 264 wisudawan BP2IP Mauk Tangerang itu.

Sementara, kebutuhan SDM pelaut di Indonesia dan dunia makin tinggi. Ini peluang bagi pelaut muda Indonesia termasuk lulusan BP2IP Tangerang.

“Tapi kalian perwira pelaut muda harus tetap menunjukkan kinerja dan kualitas yang optimal dan profesional,” kilah Tommy.

Masih banyaknya kasus kecelakaan di laut belakangan, menurut Tommy harus membuat pelaut makin waspada. “Iptek harus meningkatkan kinerja dan pelayanan. Selain itu juga keselamatan pelayaran,” tandas Tommy.(helmi)