Angkasa Pura 2

Petani Hutan Rakyat Layak Dikucuri Dana Segar

Lingkungan & KehutananJumat, 7 Agustus 2015
petani

JAKARTA (beritatrans.com) — Lembaga keuangan tidak perlu ragu mengucurkan pembiayaan kepada industri dan petani kayu rakyat yang telah memperoleh sertifikat Sistem Verifikasi Legalitas kayu (SVLK).

Pasalnya, pemegang sertifikat SVLK terjamin memiliki tata kelola usaha yang baik, kata Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang ekonomi Sumber Daya Alam Agus Justianto.

Ia menegaskan pelaku usaha pemegang sertifikat SVLK telah memenuhi emua perizinan dan kewajibannya. Kayu dan produk kayu yang dihasilkan pun bersumber legal dan bisa ditelusuri asal usulnya.

“Jadi pasti unit usaha yang ber-SVLK relatif lebih sehat dan diharapkan dapat mengembalikan kredit sesuai ketentuan,” kata Agus dalam Business Investment Forum IKM Furnitur dan Hutan Rakyat di Jakarta, kemarin.

Menurut Agus, pemberian pembiayaan dari lembaga keuangan baik bank maupun non bank, bagi unit usaha pemegang SVLK, bisa mendukung upaya pemerintah dalam mendorong tumbuhnya industri perkayuan dan kerajinan nasional.

Kementerian LHK, lanjut Agus, saat ini terus mendorong agar pelaku IKM dan petani hutan rakyat bisa memperoleh SVLK.

Termasuk dengan menyediakan dana untuk pendampingan dan sertifikasi sebesar Rp33,2 miliar yang bersumber dari APBN dan lembaga donor Multistakeholder Forestry Programme 3.

Kementerian Perindustrian juga mengalokasikan dana sebesar Rp5 miliar untuk kegiatan serupa. Potensi pembiayaan bagi IKM dan petani kayu rakyat sesungguhnya cukup besar.

Misalnya saja, pada Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P3H). Lembaga yang masih dikelola oleh Kementerian LHK itu memiliki cadangan dana sebesar yang belum terserap optimal.

“Kalau dana tersebut bisa dimanfaatkan, tentu dampak lanjutnya besar. Makanya saat ini kami pertemukan antara pelaku IKM dan kayu rakyat dengan lembaga keuangan yang ada,” kata Agus.

Serapan BLU
Kepala Bagian Keuangan dan Umum P3H Agustinus Untoro Wisnu menjelaskan sampai tahun 2014 lalu akad kredit yang telah dilakukan P3H dengan pelaku usaha rakyat mencapai Rp150 miliar, dengan realisasi penyaluran Rp80 miliar. “Dibandingkan dengan dana yang ada pada BLU memang masih rendah,” katanya.

Berdiri sejak tahun 2007, BLU P3H memiliki cadangan dana sebesar Rp2,1 triliun yang berasal dari Dana Reboisasi. Dana tersebut disiapkan sebagai dana bergulir yang akan disalurkan kepada pelaku usaha terkait penanaman, rehabilitasi hutan dan lahan.

Nasabah P3H akan dikenakan bunga sesuai dengan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI rate) yang saat ini berkisar 8% per tahun, jauh di bawah tingkat suku bunga bank komersial yang bisa mencapai 14%-15% per tahun.

Untuk mempercepat penyaluran dana bergulir tersebut, menurut Untoro, P3H berencana akan membuka kesempatan bagi lembaga keuangan di daerah untuk menjadi lembaga perantara.

Nantinya, lembaga perantara akan dikenakan bunga setengah dari BI rate. Nantinya, lembaga perantara tersebut bisa menyalurkan kepada IKM dan pelaku usaha rehabilitasi hutan dengan tingkat suku bunga sesuai BI rate. “Jadi mereka masih mendapat kentungan setengah BI rate,” katanya.(fenty)

loading...
  • rossa stanley

    Halo teman, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pemberi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian seorang Ibu annisa bekerja dari indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman darinya dan dia memberi saya kontak mereka.
    email Rossastanleyloancompany@gmail.com
    Twitter Rossastalyloan
    Instagram Rossamikefavor
    Viber +15186756750
    Facebook Stanley Rossa

    Jadi saya langsung mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya. Jujur saja, awalnya saya sangat takut karena kehilangan uang untuk penipuan sebelumnya, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelahnya, pinjaman dolar Amerika Serikat sebesar $ 35.000,00 yang saya gunakan untuk benar-benar ditransfer ke akun saya. Seluruh prosesnya sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya yang sederhana untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek Saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Ibu Annisa yang menciptakan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan.
    Terima kasih.
    Inilah email saya yang membungkus anda ingin menanyakan sesuatu janetpamelaulrich@gmail.com