Angkasa Pura 2

Kepala Badan Litbang Kagum SKKO Rakitan Siswa STTD

LitbangSabtu, 8 Agustus 2015
IMG_20150807_220820

JAKARTA (beritatrans.com) — Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan punya agenda tersendiri sebagai peserta pameran Research Innovation Technology (Ritech) Expo 2015.

Pameran yang digelar dalam rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 20 itu digelar di Parkir Timur Lapangan D Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta mulai 7-10 Agustus 2015.

Di depan stand yang bergabung dengan kementerian di bawah koordinator Kemenko Maritim itu, Balitbanghub menampilkan salah satu penelitian yang dibuat siswa Sekolah Tinggi Transportasi darat (STTD).

Sistem Keselamatan Kereta Api Otomatis (SKKO), yang sederhana diciptakan siswa tingkat satu STTD itu menarik perhatian Kepala Badan Litbang Perhubungan DR Elly Adriani Sinaga.

Kemudian Elly menanyakan awal keinginan Ilham dan ketiga kawannya membuat SKKO. Diungkap Ilham, awalnya dirinya dan semua siswa tingkat satu diwajibkan dosen membuat sebuah pekerjaan/penelitian tentang apapun.

“Akhirnya, kami satu tim memutuskan membuat SKKO, saat ini kami mengendalikannya lewat laptop,” kata Ilham sambil terus menjawab pertanyaan Elly bagaimana cara mengoperasionalkan SKKO tersebut.

siswa1

Diungkap Ilham, SKKO tugasnya memberi peringatan awal kepada masinis atas kondisi yang mungkin akan terjadi saat perjalanan kereta api.

“Garis besarnya, SKKO ini meminimalisir terjadinya kecelakaan kereta api dikarenakan pelanggaran sinyal atau batas kecepatan yang disebabkan oleh kelalaian masinis,” jelas Shendy, siswa STTD lainnya yang menemani Ilham di gerai STTD, stand Balitbanghub pada pameran Ritech Expo 2015, Jumat, Sore.

Sumbangan Anak Bangsa
Elly menyebut apa yang dilakukan siswa-siswa STTD ini wujud kemampuan anak bangsa memberikan sumbangan inovasi teknologi bagi keamanan, keselamatan, dan kemajuan transportasi di Indonesia.

“Sudah seharusnya kita bangga, inovasi ini bisa dilakukan siswa yang masih sekolah, perlu dorongan terus agar inovasi seperti ini banyak tercipta dan menjadikan daya saing kita tinggi karena penggunaan teknologi untuk aktivitas sehari-hari. SKKO ini akan sangat berguna untuk mencapai zero accident dalam layanan transportasi kereta api,” jelas Elly.

Ia meminta siswa-siswa STTD tanpa lelah dan mengeluh menerima ilmu yang akhirnya bisa berguna bagi bangsa. “Dengan inovasi ini, banyak keuntungan yang kita peroleh.”

Ada yang lucu saat perbincangan Kepala Badan Litbang Elly Sinaga dengan siswa-siswa STTD sore itu.

siswa2

Saat menanyakan identitas satu persatu siswa STTD, tiba-tiba Elly bertanya kepada Ilham. “Kalian kenal gak siapa saya? Sontak siswa Ilham dan kawannya menggeleng, maaf bu tidak kenal,” kata Ilham. Namun senior mereka Shendy sigap menjawab, “Siap bu.. Ibu itu, Kepala Badan Litbang Perhubungan, Bu Elly Sinaga.”

“Nah, bener tuh. Kamu gak tahu ya, saya yang bangun STTD ini. Bangunannya, semuanya sampai kurikulum yang kalian pelajari itu saya yang susun juga. Disangkanya, yang bangun sekolah kamu orang tua banget ya, awet muda ya saya. Makanya, jangan malas menuntut ilmu ya,” ujar Elly seraya diiyakan oleh siswa Ilham. (fenty)