Angkasa Pura 2

Dekatkan Barang Impor ke User, Bea Cukai Buka Kantor di Cikarang

Another News KoridorSelasa, 11 Agustus 2015
Bea Cukai - Logo

JAKARTA (beritatrans.com) — Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah meresmikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Cikarang.

Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat, kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi.

Ia mengatakan kantor khusus untuk Cikarang digunakan agar mendukung keperluan industri. “Ini jawaban Bea Cukai atas kebutuhan layanan terutama kepada industri,” kata dia seperti dilansir liputan6.com, Selasa (11/8).

Heru menerangkan, kantor ini sebagai alternatif pelayanan ekspor impor selain di pelabuhan utama. “Konsepnya mendekatkan barang impor ke usernya. Kalau dilihat barang-barang ini untuk industri Jababeka, terdapat sekitar 3.000 industri, dan memanfaatkan pabeanan berikat,” jelas Heru.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sendiri telah meresmikan 6 kantor. Di antaranya berada di Cengkareng, Kualanamu, Cikarang, Semarang, Sidoarjo, dan Denpasar.

Khusus untuk Semarang, Sidoarjo dan Denpasar, Heru mengatakan memiliki kriteria yang sama karena berdekatan dengan wilayah industri.

“Semarang, Sidoarjo dan Cikarang adalah kantor yang disiapkan untuk mendukung industri, karena di sekeliling itu banyak industri yang memanfaatkan kawasan dan gudang berikat,” jelasnya dia. (fenty)

loading...