Angkasa Pura 2

Pertumbuhan Populasi Sepeda Motor Di Indonesia Tertinggi

Koridor OtomotifSelasa, 18 Agustus 2015
djoko unika SMG

JAKARTA (beritatrans.com) – Laju pertumbuhan sepeda motor di Indonesia paling tinggi di bandingkan negara Asena, yakni 13,2% dibanding moda transportasi lainnya. Penyebab meningkatnya sepeda motor, karena sepeda motor merupakan sarana transportasi yang murah dan terjangkau.

“Pembangunan sarana angkutan umum massal yang terlambat di kota-kota besar di Indonesia serta banyaknya dealer dan lembaga pembiayaan yang memberikan kemudahan kredit kepemilikan sepeda moto, menjadi salah satu biang keladi pertumbuhan kendaraan roda dua yang tak terkendali di Tanah Air,” kata pakar transportasi Djoko Setijowarno, ST, MT kepada beritatrans.com di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

“Data Polri menyebutkan, tahun 2009-2013, tercatata ada 138 ribu orang meninggal dunia dan 700 ribu orang terluka pada kecelakaan jalan raya. Sepeda motor merupakan moda transportasi paling rentan terlibat kecelakaan,” kata dia.

Sementara, jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) sepanjang tahun rata-rata sekitar 70%. Faktor manusia menjadi penyebab terbesar antara (80-90%). Polusi udara terbesar juga disababkan kendaraan bermotor, yakni 70%.

Djoko menambahkan, porsi sepeda motor di perkotaan ada di kisaran 70-80%. Makin banyak ojek akan menambah ruang parkir, tak ada pangkalan parkir, maka trotoar akan diokupansi atau ruang jalan, sehingga menambah kemacetan serta pemandangan kota yang sangat tidak bagus.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari