Angkasa Pura 2

Sugeng Wibowo: Proyek Car Terminal Di Pelabuhan Semayang Tunggu Amdal Rampung

DermagaJumat, 21 Agustus 2015
tmp_26075-kesiapan-semayang-660x330133934664

BALIKPAPAN (beritatrans.com).- Pembangunan car terminal masih menunggu penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Namun Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan terus memonitor. Proyek ini disebut sudah masuk dalam rencana induk pelabuhan (RIP).

Kepala KSOP Balikpapan Sugeng Wibowo mengatakan, pada prinsipnya otoritas kesyahbandaran mendukung pembangunan car terminal. Terlebih proyek ini masuk program pengembangan kepelabuhanan di Indonesia.

“Kalau amdal sudah selesai di KLHK, kami akan merekomendasikan proyek reklamasi ini ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” jelasnya seperti dikutip kaltimpos.

Ia menyebut, ada beberapa aspek yang dinilai sebelum mengeluarkan rekomendasi reklamasi. Di antaranya, seperti evaluasi teknis dan melihat posisi reklamasi dengan alur pelayaran. Dari situ akan dilihat, apakah reklamasi laut di kawasan Pelabuhan Semayang itu mengganggu jalur transportasi laut. Bila tidak, maka rekomendasi bisa saja dikeluarkan.

Meski demikian, ujar dia, melihat rancangan reklamasi dari Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV selaku pemilik proyek, jaraknya masih jauh dari titik jalur pelayaran. “Tapi nanti tunggu amdal dulu. Setelah itu, tim akan turun menghitung. Rekomendasi dari kami akan disampaikan ke Pak Menteri (Menteri Perhubungan),” jelasnya.

Sebelumnya, Pemkot Balikpapan telah mengeluarkan izin prinsip. Pelindo IV Cabang Balikpapan pun masih menanti amdal dari KLHK yang dijadwalkan selesai pada 30 Agustus. Setelah amdal rampung, Pelindo selanjutnya meminta rekomendasi dari Kemenhub.

Adapun reklamasi lahan di kawasan Pelabuhan Semayang tak jauh dari Pulau Tukung ini seluas 4,2 hektare dengan nilai investasi Rp 107 miliar. Reklamasi lahan diperlukan waktu sekitar setahun. Sedangkan proyek car terminal akan memakan waktu tiga tahun. (awe).

loading...