Angkasa Pura 2

Pelabuhan Logistik Akan Dibangun Di Lahan Hasil Reklamasi Antara Marunda Dengan Tanjung Priok

DermagaSenin, 24 Agustus 2015
reklamasi-jakarta

JAKARTA (beritatrans.com) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) menerima kunjungan dari Wali Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed Abaoutaleb beserta delegasi bisnis maritim pukul 10.30 WIB di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut akan dibicarakan terkait kerja sama pembangunan reklamasi dan pusat pelabuhan logistik di dekat wilayah Marunda dan Tanjung Priok.

“Kita ingin sekali pelabuhan yang besar dan reklamasi seperti yang dilakukan Rotterdam. Kita butuh biaya pembangunan karena dollar sedang tinggi. Selain uang, kita butuh pengalaman dari mereka,” kata Ahok saat ditemui di Jakarta, (24/8).

Ahok menuturkan akan meminta bantuan pihak Rotterdam untuk mengerjakan pulau O, P dan Q yang memiliki luas sebesar 100 hektar. Lokasi itu berdekatan dengan wilayah Marunda dan Tanjung Priok.

“Itu harus jadi pusat logistik dan pelabuhan laut dalam di Jakarta. Bukan hanya untuk Jakarta tapi termasuk Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” terangnya seperti dirilis merdeka.com.

Dia mengatakan Ibu Kota sebagai pusat ekonomi telah menjalankan transaksi keluar dan masuk logistik sebesar 60-70 persen. Namun, persentase tersebut belum seluruhnya lantaran tersendat masalah distribusi logistik.

“Jadi ini akan membantu tol lautnya Pak Jokowi, kuncinya Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda dan Bekasi di Marunda Center. Kita butuh pengalaman yang punya duit dan yang paling cocok Rotterdam,” ujarnya.

Rencananya, Ahmed Abaoutaleb yang sudah mengunjungi Jakarta sebanyak dua kali ini akan mengundang Ahok ke Rotterdam, Belanda, Rabu (19/9). (ani).