Angkasa Pura 2

Pembangunan KA Cepat Jakarta-Bandung

Menko Rizal Ramli: Kita Ingin Yang Terbaik Buat RI Bukan Para ‘Backing’

EmplasemenRabu, 26 Agustus 2015
ka

JAKARTA (beritatrans.com) — Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, dirinya ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia dalam pembangunan proyek kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung.

Tak peduli siapa yang berkepentingan dalam pengadaan proyek itu, Tiongkok atau Jepang, utamanya kereta cepat itu segera terealisasi.

Saat ini, Tiongkok dan Jepang merupakan dua negara yang tertarik untuk membantu pembangunan KA cepat. Bahkan, utusan khusus Perdana Menteri Jepang, Izumi Hiroto, telah melakukan pertemuan dengan Menko Rizal guna menyampaikan tawaran Jepang.

“Mohon maaf saya enggak peduli siapa backing-nya karena kita ingin yang terbaik untuk Indonesia bukan menguntungkan para backing,” ujar Rizal di Kantor Menko Maritim Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).

Dirinya menambahkan, dalam proses penentuan siapa yang berhak atas pembangunan proyek tersebut akan dilakukan secara fair. “Kami ingin fair, siapa yang menang dan kalah, akan terima,” kata dia seperti dikutip metrotvnews.com.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaksana proyek, di antaranya adalah adanya jaminan keamanan serta kenyamanan untuk KA yang nantinya akan menghubungkan Jakarta-Bandung hanya dalam 36 menit tersebut.

Selain itu, Rizal juga menginginkan negara yang membangun KA cepat tersebut memberikan bunga pinjaman yang murah serta penggunaan mayoritas konten lokal dalam pembangunan proyek KA itu.

“Kami juga ingin secepat mungkin dikelola Indonesia supaya ada transfer teknologi secepat mungkin, kami ingin se-fair mungkin kita adulah siapa yang paling menguntungkan Indonesia,” jelasnya. (fenty)