Angkasa Pura 2

PT Pelindo III Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas

DermagaKamis, 27 Agustus 2015
PEMBANGUNAN PELABUHAN TELUK LAMONG

SURABAYA (beritatrans.com) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) guna mendukung operasional di Terminal Teluk Lamong yang ramah lingkungan.

Direktur Utama Terminal Teluk Lamong, anak perusahaan PT Pelindo III, Prasetyadi, di Surabaya, Kamis (27/8/2015), menjelaskan pembangunan PLTMG tersebut bukti keseriusan manajemen mengusung konsep ramah lingkungan di terminal yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu itu.

“PLTMG tersebut nantinya akan dioperasikan oleh PT Lamong Energi Indonesia (LEI) yang merupakan anak usaha sinergi antara Terminal Teluk Lamong dan PT Adhi Karya (Persero),” kata Prasetyadi.

Dengan mengelola PLTMG, katanya, LEI akan menjadi perusahaan penyedia listrik berbahan bakar gas yang efisien.

Prasetyadi menjelaskan, PLTMG akan dibangun pada lahan seluas sekitar 9.000 meter persegi. Pembangunan pembangkit listrik dengan teknologi ramah lingkungan tersebut akan dibagi dalam dua tahap, yakni pada tahun 2015 dan 2016.

Pada tahap pertama, total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 6,6 Megawatt dari dua pembangkit listrik tenaga mesin gas.

Tujuan pembangunan tahap awal adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik pada peralatan dan fasilitas di Terminal Teluk Lamong yang sebagian besar menggunakan listrik.

Sementara itu, penambahan jumlah pembangkit listrik tenaga mesin gas akan dilakukan pada tahun 2016 dan dimaksimalkan dengan kapasitas mencapai 13 Megawatt, demikian Prasetyadi. (aliy/ant)

loading...