Angkasa Pura 2

Pelni: Penumpang Kapal Tujuan Batam dan Belawan Sudah Terapkan e-Ticketing

Dermaga DestinasiJumat, 28 Agustus 2015
IMG_20150828_084656

JAKARTA (beritatrans.com) –
Direktur Utama PT Pelni (Persero) Elfien Goentoro mengatakan, ada dua rute pelabuhan Indonesia yang sudah menggunakan tiket elektronik (e-ticketing). Untuk tahap awal, akan di berlakukan di penumpang KM. Kelud yang melayani rute Jakarta-Batam-Tanjung Bali-Belawan PP.

“Seluruh penumpang kapal Pelni tujuan ke arah Belawan (Medan) dan Batam (Sekupang) itu sudah menggunakan (e-ticketing). Jadi, tidak ada lagi yang menggunakan (loket). Semua sudah melalui NPTS (New Pelni Ticketing System),” ungkap Elfien di Terminal enuPenumpang Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Dikatakan, makin canggihnya teknologi (IT), membuat beberapa perusahaan tak lagi menggunakan manusia sebagai operatornya. Salah satunya adalah PT Pelni (Persero) yang tak lagi menggunakan loket untuk pembelian tiket.

Dengan demikian, menurut dia, ada sekira 6.000 penumpang tiap bulannya berangkat menggunakan e-ticketing.

“Kalau berangkat itu sekitar 1.500 (penumpang), tiap bolak balik dan satu bulan empat kali, ada dua proyek tentunya kita kalikan empat, ya enam ribuan (penumpang),” lanjutnya.

Sementara itu, lima pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Emas Semarang, Belawan Medan, Tanjung Perak Surabaya, dan Tanjung Balai Karimun sudah menerapi e-ticketing namun masih melayani loket.

“Sementara ini satu per satu kita masih fase I ke arah barat dan terus dilakukan sosialisasi,” pungkas Elfien.(helmi)