Angkasa Pura 2

Pertamina & KAI Kerja Sama Penggunaan LNG Untuk Bahan Bakar Kereta

EmplasemenSabtu, 29 Agustus 2015
tmp_10087-208222_para-penumpang-perempuan-di-kereta-commuter-line-krl-stasiun-sudimara-jakarta_663_382-1597876838

JAKARTA (beritatrans.com) – Manajemen PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) guna optimalisasi aset dan penggunaan gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) untuk Kereta api.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto mengatakan, kerja sama tersebut meliputi kajian program pelaksanaan konversi penggunaan High Speed Diesel (HSD) menjadi Liquid Nature Gas (LNG) untuk kegiatan operasional kereta api.

Jika kajian ini berhasil merekomendasikan konversi solar ke LNG, akan tercapai efisiensi dalam pemanfaatan energi khususnya untuk pengoperasian kereta api yang menjadi transportasi massal andalan di pulau Jawa.

“Kerja sama dalam konversi solar ke LNG ini akan sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan gas alam untuk transportasi umum khususnya di kota-kota besar,” kata Dwi, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Selain itu, dalam rangka pengembangan infrastruktur gas, Pertamina menjajaki kerja sama dengan Kereta Api Indonesia untuk menempatkan jalur pipa gas miliknya dengan memanfaatkan jalur kereta api.

“Kerja sama dalam rangka sinergi BUMN ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pertamina dan KAI untuk melakukan kajian atau studi kelayakan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pengembangan bisnis kedua BUMN,” tuturnya.

Dwi mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir ini Pertamina sedang gencar membangun infrastruktur energi, salah satunya program pipanisasi Jawa dan Sumatera.

Di Jawa, Pertamina saat ini tengah membangun pipanisasi Semarang – Gresik dan Semarang – Cirebon. Sementara PT KAI memiliki jalur kereta api dari Jakarta – Banyuwangi.

Sementara untuk pengangkutan BBM, Non-BBM dan produk gas Pertamina, kajian tersebut akan mendalami rencana kerja sama penyediaan sarana Rail Tank Wagon (RTW), sebagai upaya mendorong pendayagunaan aset masing-masing kedua BUMN serta penggunaan produk-produk Pertamina untuk kegiatan operasional KAI. (helmi).