Angkasa Pura 2

Dari Simposium Internasional FSTPT 18

Konektivitas Transportasi Dukung Pembangunan Ekonomi

SDMMinggu, 30 Agustus 2015
Pelabuhan Anggrek

LAMPUNG (beritatrans.com) — Simposium Internasional Forum Studi Transportasi Antar-Perguruan Tinggi (FSTPT) 18 tahun 2015 yang dipusatkan di Universitas Lampung sudah usai. Forum itu kali ini mengupas persoalan sistem dan konektivitas transportasi.

Dirjen Peningkatan Infrastruktur dan Prasarana Permukiman Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat, Hermanto Dardak mengemukakan faktor urbanisasi membutuhkan penyiapan sistem transportasi terpadu beserta semua pendukung yang lebih baik.

Sistem transportasi harus berkesinambungan dan tidak boleh terputus. Apalagi di era ekonomi ASEAN yang membutuhkan pertumbuhan ekonomi baru kata dia seperti dikutip translampung.

Pembangunan sektor transportasi harus terpadu dengan sektor lain seperti telekomunikasi dan listrik termasuk gas dan sebagainya. Semua untuk mendukung pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, koridor ekonomi, dan kawasan ekonomi.

Selain jalan tol, di Lampung juga akan dibangun dermaga dan bandara. Sehingga menjadi konektivitas dengan sistem dan jaringan transportasi nasional. “Jaringan transportasi Lampung dan Sumatera pada umumnya menjadi penyangga utama transportasi khususnya Jawa,” ujarnya.

Pada sesi sebelumnya, narasumber dari Jepamg Dr. Shinya Hanaoka. membahas infrastruktur transportasi di Bangkok dan kota kota lainnya. Diharapkan menjadi bahan perbandingan dalam tata kelola transportasi yang baik. Dr. Shinya Hanaoka juga menyoroti tentang rumitnya prosedur ekspor di imdonesia. (fenty)