Angkasa Pura 2

1 September, Tarif Transjabodetabek Bekasi dan Tangerang Naik

KoridorSenin, 31 Agustus 2015
Putu Yasa, PPD

JAKARTA (beritatrans.com) – Tarif Bus Transjabodetabek sebesar Rp9.000 per orang yang saat ini berlaku untuk rute Bekasi dan Tangerang hanya berlaku hingga 31 Agustus 2015. Setelah itu, tarif akan naik menjadi Rp10.000.

Direktur Utama Perum Pengangkutan Penumpang Jakarta (PPD) Pande Putu Yasa mengatakan, tarif Rp9.000 merupakan tarif promo selama masa uji coba. Ia menyebut masa promo hanya akan berlaku sampai akhir bulan ini.

“Jadi, selama masa uji coba memang Rp9.000. Uji coba sampai akhir bulan. Nanti per 1 September tarifnya jadi Rp10.000,” kata Pande kepada pers di Jakarta, kemarin.

Meski tarif untuk rute Bekasi dan Tangerang dipastikan akan naik, Pande memastikan hal yang sama tidak akan berlaku untuk rute Tangerang Selatan (Ciputat-Blok M). Untuk rute tersebut Pande memastikan tarif masih akan tetap sama seperti yang berlaku saat ini, yakni Rp 8.000.

Pande menyebut perbedaan tarif terjadi disebabkan karena adanya perbedaan jarak tempuh. “Kalau Ciputat-Blok M kan dekat. Sedangkan Tangerang-Kemayoran dan Bekasi-Pasar Baru lebih jauh,” ujar dia sebagai sakah satu operator bus Transjabodetabek itu.

Layanan bus transjabodetabek rute Bekasi dan Tangerang mulai beroperasi sejak Selasa kemarin. Untuk Bekasi, rute yang dilayani adalah dari Harapan Indah menuju Pasar Baru. Sedangkan untuk Tangerang, rute yang dilayani adalah dari Poris Plawad menuju Kemayoran.

Transjabodetabek merupakan layanan bus program dari Kementerian Perhubungan. Perum PPD ditunjuk untuk menjadi operator layanan bus tersebut. Pembukaan rute menuju Bekasi dan Tangerang merupakan kelanjutan dari layanan transjabodetabek rute Tangerang Selatan, tepatnya dari Ciputat-Blok M yang telah beroperasi sejak Oktober 2014.

Sebenarnya, pembukaan rute Bekasi dan Tangerang berbarengan dengan pembukaan rute Depok. Namun, pembukaan rute Depok mengalami penundaan karena adanya masalah teknis.(hel/kom)