Angkasa Pura 2

Menhub Jonan: Radar Bandara Soetta 30 Tahun Tak Masalah

BandaraSenin, 31 Agustus 2015
Radar Bandara Soetta

SAUMLAKI (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan tidak mempersoalkan usia radar Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang sudah tua, yakni berusia 30 tahun. Otoritas terkait di Bandara Soetta sudah melakukan modernisasi termasuk fasilitas radar yang dimilikinya.

“‎15 tahun, saya rasa enggak masalah. Kalau Soekarno-Hatta saya kira ok, enggak ada masalah,” ucap Menhub Ignasius Jonan saat mengunjungi Bandara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, temuan Centre for Budget Analysis (CBA) yang menilai seharusnya usia maksimal radar yaitu 15 tahun. radar tersebut dinilai terlau tua dan dikhawatirkan akyreasinya juga sudah turun.

Menurut Jonan, Kementerian Perhubungan dan otoritas terkait selalu melakukan peremajaan alat-alat yang berhubungan dengan dunia penerbangan, tidak hanya di Soekarno Hatta tetapi di bandara lainnya juga.

“Enggak ada masalah (usia radar 30 tahun). Saya rasa pun sudah dimodernisasi semuanya,” kata Jonan seperti dikutip tribunnews.com.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid menambahkan, ‎pemeriksaan radar terus dilakukan secara berlaka oleh Kementerian Perhubungan dan hingga saat ini tidak ada masalah pada radar bandara Soekarno-Hatta.

“Kami rutin melakukan review setiap tahunnya, tidak ada masalah di radar,” ujar Hadi di tempat yang sama.

Menurut Hadi, yang menjadi persoalan di Soekarno-Hatta waktu itu adalah mengembalikan desain awal bangunan bandara. Sehingga, tidak ada lagi ruko-ruko yang didirikan pada area jalan penumpang pesawat.

“Ini sudah kami lakukan, dan sekarang sudah rapih semua terminal. Tidak ada lagi ruko yang membuka bukan ditempatinya. Kalau KFC di terminal 2F memang awal desainnya di situ dan tidak ada masalah,” tutur Hadi.

‎CBA menilai usia radar Bandara Soekarno-Hatta yang di atas 30 tahun dapat membahayakan kegiatan penerbangan di Indonesia, khususnya Jakarta. Terlebih, setiap harinya terdapat 1.200 penerbangan yang di antaranya 400 penerbangan internasional.(hel/trib)

loading...