Angkasa Pura 2

Demo Besar, Ini 10 Tuntutan Buruh Pada Presiden Jokowi

Another NewsSelasa, 1 September 2015
buruh

JAKARTA (beritatrans.com) — Kurang lebih 40 ribu buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Merdeka, hari ini Selasa (1/9).

Sebelum menuju Istana, mereka berkumpul di sekitar Patung kuda atau sekitar Medan Merdeka Barat arah Istana Merdeka, pada pukul 10.00 WIB.

Presiden KSPI, Said Iqbal mengatakan, ada kurang lebih 40 ribu massa buruh se-Jabodetabek akan bergerak menuju Istana. Di Istana, para buruh akan menyampaikan sebanyak 10 tuntutan.

“Jam 10 pagi kita berkumpul dulu di Patung Kuda Indosat, kemudian kita long march ke Istana untuk menyampaikan 10 tuntutan kita,” ungkapnya.

Selain unjuk rasa di Istana, Iqbal melanjutkan, para buruh pada siang harinya direncakan juga akan menuju ke Kantor Kementerian Kesehatan untuk mengkritisi jaminan kesehatan yang masih amburadul.

Buruh juga akan ke Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait dengan masalah jaminan pensiun dan kenaikan upah buruh 2016.

Iqbal mengatakan, aksi buruh yang digelar hari ini melibatkan juga para buruh di 27 provinsi yang menggelar aksinya di daerahnya masing-masing.

Dengan aksi ini, jelas dia, diharapkan pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo akan memenuhi apa yang menjadi harapan dari para buruh yang mewakili kepentingan masyarakat luas.

“Karena tuntutan ini adalah berkenaan dengan tidak hanya persoalan perburuhan tapi juga berkenaan dengan hajat hidup masyarakat,” tegas Iqbal.

Berikut sepuluh tuntutan buruh tersebut:

1. Turunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan sembilan bahan makanan pokok (sembako)

2. Tolak pemutusan hubungan kerja akibat pelemahan rupiah dan perlambatan ekonomi

3. Tolak pekerja asing atau mewajibkan pekerja asing berbahasa Indonesia

4. Perbaiki layanan kesehatan

5. Naikkan upah minimum 22 persen

6. Angkat pekerja kontrak dan outsourcing jadi karyawan tetap dan guru honorer jadi pegawai negeri sipil

7. Revisi peraturan pemerintah jaminan pensiun setara dengan PNS

8. Bubarkan Pengadilan Hubungan Industrial

9. Pidanakan perusahaan pelanggar keselamatan dan kesehatan kerja

10. Sahkan Rancangan Undang-Undang Pembantu Rumah Tangga.(fenty)