Angkasa Pura 2

Pertamina Gaet Kuwait Kembangkan Energi Terbarukan Di Indonesia

Energi KoridorSelasa, 1 September 2015
spbu

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Pertamina (Persero) hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan mitra strategisnya, Kuwait Petroleum Corporation, untuk pengembangan bisnis migas dan energi terbarukan di Tanah Air.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan CEO Kuwait Petroleum Corporation Nizar Mohammad Al-Adsani di Jakarta, Senin (31/8/2015).

“Dalam situasi bisnis yang sangat menantang seperti saat ini aliansi dari dua national oil company dari dua negara bersahabat ini menjadi sangat penting bagi strategi bisnis hulu hingga hilir kedua perusahaan,” ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, seperti dikutip tribunnews.

Pengembangan energi terbarukan, lanjut dia, diharapkan mampu menekan ketergantunan Indonesia pada bahan bakar minyak (BBM) terutama yang bersubsidi. “Paling tidak, Pertamina akan mengusahakan bahan bakar pengganti BBM secara bertahap. Dengan begitu, kebutuhan konsumsi BBM tetap tercukupi sekaligus juga menekan tingkat pencemaran udara dan lingkungan di Indonesia,” jelas Dwi Soetjipto.

MoU tersebut akan menjadi landasan bagi kedua perusahaan melakukan kajian bersama di bidang minyak dan gas bumi, termasuk juga energi baru dan terbarukan di Indonesia. Indonesia mempunyai bahan baku energi baru dan terbarukan yang bisa dikembangkan ke depan.

“Kajian yang akan dilakukan diantaranya kajian teknikal, komersial maupun finansial baik di upstream, midstream maupun downstream termasuk di bidang pemasaran, pengolahan, infrastruktur dan petrochemical.” Tegas Dirut BUMN Migas itu.(hel/trib)

loading...