Angkasa Pura 2

Investasi Di Batam Capai Rp16,22 T Termasuk Sektor Transportasi

Bandara Dermaga KoridorKamis, 3 September 2015
Bandara Hang Nadim Batam

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Aloysia Endang Wahyuningsih mengatakan realisasi investasi di Kawasan Perdagangan Bebas Batam mencapai Rp16,22 triliun selama periode 2010 hingga semester pertama 2015. Termasuk di sektor transportasi yang paling banyak diminati para investor.

Realisasi investasi di kawasan perdagangan bebas Batam didominasi oleh investasi asing langsung sebesar 88,4 persen, sementara investasi lokal sebesar 11,6 persen.

“Sektor-sektor utama yang menjadi tujuan investasi asing langsung di Batam adalah industri logam, mesin dan elektronik. Ssektor telekomunikasi, pergudangan/penyimpanan dan transportasi,” kata kata Aloysia dalam seminar peluang bisnis di Batam bertemakan “Batam: Renewed Business Opportunities” Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Seperti dikutip antara, dia melanjutkan, sektor perlengkapan transportasi dan industri transportasi lainnya, industri kimia dan farmasi serta sektor restoran dan perhotelan. Sementara sektor utama yang didanai investor lokal adalah industri kimia dan farmasi, sektor perlengkapan transportasi dan industri transportasi lainnya, sektor restoran dan perhotelan.

Setelah itu, sektor perdagangan dan reparasi serta sektor listrik, gas dan air bersih. Investor asing yang mendominasi di Batam berasal dari Singapura dengan andil 31 persen, Luksemburg dengan andil 11 persen, Hong Kong sebesar tujuh persen, Kepulauan Cayman dengan andil enam persen dan Malaysia sebesar empat persen.

Ia menambahkan realisasi investasi nasional pada 2010 hingga semester pertama 2015 mencapai Rp1.916 triliun atau sebesar 103,5 persen dari target 2010-2015 sebesar Rp1.578,9 triliun.(hel/ant)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari