Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Segera Lakukan Groundbreaking Proyek LRT

Emplasemen KoridorKamis, 3 September 2015
LRT contoh

JAKARTA (beritatrans.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Light Rail Transit (LRT). Proyek ini diharapkan mampu membantu mengurai kemacetan di Kota Jakarta dan sekitarnya.

“Presiden akan mengagendakan untuk segera melakukan groundbreaking dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sedang diatur,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Seperti dikutip tribunnews.com, dia mengatakan, rencana groundbreaking tersebut setelah Presiden Joko Widodo menandatangani tiga Peraturan Presiden (Perpres) terkait proyek LRT, yaitu penunjukan Adhi Karya untuk membangun sarana, membentuk badan penyelenggara transportasi Jabodetabek dan berkaitan dengan penunjukan BUMD DKI yang dikoordinasikan Gubernur DKI.

Mengenai keterlibatan BUMD DKI, Pramono menjelaskan hal itu sebagai bentuk dari integrasi, bahwa proyek yang ada di wilayah Jakarta menjadi tanggung jawab DKI, sementara di luar Jakarta menjadi tanggung jawab Adhi Karya.

“Jadi ini terintegrasi. Yang luar DKI diberikan tanggungjawab pada Adhi Karya. Kan ada dua, berkaitan sarana dan prasarana. Nanti kalau Adhi Karya masuk wilayah DKI, maka dia juga harus menyampaikan tender seperti biasa. Dia akan jadi peserta. Tidak lagi seperti di luar dia mendapatkan privillege,” tandas Pramono.(hel/trib)