Angkasa Pura 2

Penumpang Bertambah, PT KCJ Tambah 2 Gerbong

EmplasemenJumat, 4 September 2015
IMG_20150903_195737

JAKARTA (beritatrans.com) — PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan memperpanjang rangkaian gerbong kereta menjadi 12 gerbong (stamformasi 12 atau SF12) dari sebelumnya 10 gerbong (SF10).

Pengguna KRL semakin padat, kata Direktur Utama PT KCJ M. Fadhil, sementara jumlah gerbong kereta saat ini sudah tidak mampu menampung jumlah penumpang saat jam masuk kerja dan pulang kerja. Rangkaian SF12 pun segera dilakukan uji coba.

“Uji coba akan dimulai minggu depan. Untuk tahap pertama kita akan mulai dari Relasi Bogor-Jakarta Kota,” ujar M. Fadhil saat ditemui di Stasiun Juanda, Jakarta, Jumat (4/9).

Rute relasi Bogor-Jakarta Kota dipilih lantaran cepatnya jumlah peningkatan penumpang pada jalur itu.

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi PT KCJ, sempat terjadi ledakan penumpang di Stasiun Bogor dan Stasiun Jakarta Kota saat musim libur Lebaran.

“Awal tahun ini jumlah penumpang mencapai 690 ribu orang. Lima bulan kemudian sebelum Lebaran, terutama hari kerja, mencapai 850 orang per hari. Hingga 16 Juni, totalnya mencapai sekitar 914 ribu orang per hari,” jelas Fadhil seperti dikutip metrotvnews.com.

Selain itu alasan PT KCJ memilih SF12 ini karena Perseroan melihat dampak dari perlintasan yang bersinggungan dengan jalur rel kereta. “Kami melihat, setiap KRL lewat menimbulkan antrean mobil yang panjang. Ini yang kita antisipasi,” jelasnya.

Untuk mewujudkan SF12, perseoran telah mendatangkan 120 unit KRL tahun ini. Nantinya semua unit itu akan dirangkai menjadi rangkaian SF12. (fenty)