Angkasa Pura 2

Rini Soemarno: Konsorsium BUMN Akan Bangun KA Cepat Jakarta-Bandung

EmplasemenSabtu, 5 September 2015
Rini Soemarnoo

JAKARTA (beritatrans.com) -Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan bahwa proyek pembangunan kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung akan dikerjakan oleh konsorsium BUMN dan mitra terkait. Ini sejalan dengan Undang-Undang (UU) tentang Kereta Api yang mengharuskan mayoritas tersebut harus dimiliki BUMN.

“Kalau konsorsium (BUMN) ini menggandeng partner, jadi harus punya mayoritas,” ujar Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Namun demikian, ketika ditanyakan kapan kereta api cepat ini selesai dibangun. Rini belum bisa memastikan kapan hal tersebut terjadi. “Paling tidak, dari proposal Tiongkok dan Jepang sebelumnya, diperkirakan proyek pembangunan kereta api cepat akan selesai dalam kurun waktu tiga tahun hingga lima tahun,” katanya seperti dikutip metrotvnews.

Sejumlah perusahaan yang tergabung dalam konsorsium BUMN untuk pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PTPN VIII (Persero).

“Kita sudah minta tim dari hari ini sampai besok akan lembur. Bulan ini akan ambil keputusan agar tahun ini sudah bisa dikerjakan proyek kereta cepat,” kata Rini lagi.

Kementerian BUMN membentuk konsorsium BUMN untuk kereta (KA) cepat bisa mempercepat kerjanya dan menyediakan waktu lebih lama untuk menuntaskan hitung-hitungan bisnis terkait pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Namun demikian, ketika ditanyakan kapan kereta api cepat ini selesai dibangun, Rini belum bisa memastikan kapan hal tersebut terjadi.

Paling tidak, dari proposal Tiongkok dan Jepang sebelumnya, diperkirakan proyek pembangunan kereta api cepat akan selesai dalam kurun waktu tiga tahun hingga lima tahun.(hel/metr)