Angkasa Pura 2

Dididik Di STPI, 2 Polisi Lulus Sebagai Pilot Helikopter

Aksi Polisi Kokpit SDMSenin, 7 September 2015
Pilot polisi Yudhi2

CURUG (beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) bukan hanya mendidik pilot-pilot sipil. Tapi, STPI juga banyak mendidik siswa pilot dari anggota TNI/ Polri. Mereka mengambil program pendidikan calon pilot sipil atau commercial pilot lisence (CPL) di Kampus STPI Curug.

“Mereka ikut pendidikan pilot sebagai calon penerbang untuk pesawat helikopter. Kini, dua di antara siswa dari Kesatuan Polisi Udara Mabes Polri sudah lulus dan diserahkan kembali ke kesatuannya,” kata Ketua STPI Curug, Ir. Yudhi Sari Sitompul, MM menjawab beritatrans.com fan Tabloid Beritatrans, di Kompleks STPI Curug, Senin (7/9/2015).

Penyerahan dua pilot dari Mabes Polri itu dilakukan usai wisuda taruna Diklat Pembentukan di STPI Curug. Dua pilot Polri itu termasuk bagian dari 12 penerbang yang ikut di wisuda dari STPI Curug tahun 2015 ini.

Dikatakan, sebenarnya masih ada dua siswa penerbangan lagi dari Polri. Tapi, mereka belum menyelesaikan program pendidikan pilot di STPI. “Saat ini, baru dua pilot dari Polri yang berhasil dan di wisuda serta dikembalikan ke kesatuannya di Polri,” jelas Yudhi lagi.

Pilot polisi2

Sebelumnya, aku Yudhi, STPI juga mendidik penerbang TNI AD yang mengikuti pendidikan pilot di kampus ini. Jumlahnya sekitar 30 siswa, dan kini mereka sudah diserahkan kembali ke TNI-AD. “Mereka sudah berhasil menyelesaikan program pendidikan pilot di STPI,” papar Yudhi.

Para pilot dari Polri dan TNI tersebut, tambah Yudhi baru saja mengikuti pendidikan untuk mengampil CPL. Tapi, mereka nantinya akan mengambil ratting untuk menerbangkan pesawat jenis helikopter.

“Bisa saja kalau mau. STPI mempunyai kompetensi baik pesawat latih jenis helikopter serta instruktur penerbangnya. Jika memang ada siswanya, STPI siap membuka kelas khusus untuk helikopter,” tegas Yudhi.(helmi)