Angkasa Pura 2

Wisuda STPI Curug

Yudhi Sari: Pertumbuhan Industri Penerbangan Harus Diimbangi SDM Unggul

Bandara Kokpit SDMSenin, 7 September 2015
IMG_20150907_093130_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Pertumbuhan industri penerbangan Indonesia sangat pesat, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia.

“Peningkatan arus lalu lintas udara harus diimbangi dengan usaha penjaminan keamanan dan keselamatan penerbaangan membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten. Mereka akan menjadi garda terdepan dalam melayani kebutuhan masyarakat akan kebutuhan jasa penerbangan yang selamat, aman dan nyaman,” kata Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Ir.Yudhi Sari Sitompul,MM pada wisura taruna Diklat Pembentukan di Kompleks STPI, Curug, Senin (7/9/2015).

Seperti diketahui bersama, lanjut dia, jumlah penumpang pesawat udara nasional pada tahun 2014 mencapai 86 juta penumpang (domestik dan internasional). Diperkirakan akan naik mencapai 270 juta penumpang pada tahun 2034 atau naik sampai 200%.

“Dengan pertumbuhan jumlah penumpang domestik dan internasional yang sangat pesat tersebut, menuntut tersedianya sarana dan prasarana dalam jumlah besar,” jelas Yudhi Sari Sitompul lagi.

Selain itu, lanjut dia, industri penerbangan nasional memiliki sebanyak 61 maskapai penerbangan niaga, yang beroperasi terjadwal dan tidak terjadwal dengan populasi pesawat pada tahun 2014 sebanyak 750 pesawat dan diperkirakan akan mencapai 1030 pesawat pada tahun 2017.

“Pertumbuhan jumlah pesawat udara dan pertambahan jumlah Bandar udara akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan SDM bidang penerbangan baik penerbang, ATC, teknisi penerbangan maupun PKP-PK,” papar Yudhi.

Sebagaimana diketahui, tingginya kebutuhan tenaga bidang penerbangan di dalam negeri dan di tingkat global dapat kita lihat sebagai peluang sekaligus tantangan.

“Peluang untuk ikut berperan dalam pemenuhan tenaga bidang penerbangan global, dan tantangan yang harus dipenuhi oleh STPI untuk menjadikan tenaga Penerbang, tenaga ATC dan tenaga Teknisi Penerbangan maka STPI bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri seiring dengan berlakunya era pasar bebas. (Asean Economic Community/ Masyarakat Ekonomi ASEAN)/ helmi)

loading...