Angkasa Pura 2

Pemeriksaan Dokumen Dan Barang Bawaan Jamaah Dilakukan Ketat Di Asrama Haji Sukolilo

BandaraRabu, 9 September 2015
IMG-20150909-WA008

SURABAYA (beritatrans.com) – Proses pemeriksaan calon jamaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dilakukan esktra ketat dan berlapis. Semua urusan dokumen dan barang bawaan jamaah harus sudah selesai dan clear di asrama.

Pemeriksaan ini melibatkan banyak pihak mulai Kanwil Depag Jatim, maskapai Saudi Arabia Airlines, bahkan PT Angkasa Pura (AP) I dibantu petugas kepolisian Polda Jatim turun ke lapangan.

Pantauan beritatrans.com di lapangan, pemeriksaan barang bawaan jamaah dilakukan menjelang masuk bus menuju Bandara Juanda Surabaya.

Beberapa barang bawaan yang dilarang seperti gunting, alat cukur, botol berisi air dalam jumlah tertentu dilarang dibawa. Barang seperti sambal, bumbu dapur dan lainnya juga ikut diamankan petugas.

IMG_20150909_122352

Semua tak bawaan jamaah diperiksa dan dibuka satu persatu. Jika ada barang yang dilarang dibawa masuk ke pesawat akan langsung diambil dan diamankan saat sweeping dilakukan oleh petugas terkait.

Kendati begitu, petugas harus membantu merapikan atau membawa barang bawaan jamaah. Meski sudah dilakukan sosialisasi sejak lama, tapi masih ada jamaah yang kedapatan membawa barang-barang yang dilarang tersebut.

IMG_20150909_121742

Atribut dan tanda pengenal jamaah yang tidak atau belum dipakai sesuai dengan ketentuan langsung ditegur dan diingatkan petugas bersangkutan. Sebelum jamaah naik bus menuju Bandara Juanda semua harus beres.(helmi)

loading...