Angkasa Pura 2

Proses Pemberangkatan Jamaah Dari Asrama Haji Sukolilo Lancar

Bandara KokpitRabu, 9 September 2015
IMG_20150909_100728

SURABAYA (beritatrans.com) –
Embarkasi Haji Sukolilo Surabaya telah memberangkatkan 43 kelompok terbang (kloter) dari 28.500 calon jamaah haji asal Jawa Timur. Mereka dibagi dalam 64 kloter yang diberangkatkan dalam rentang waktu 28 hari kerja.

“Sejauh ini, proses pemberangkatan jamaah berjalan lancar. Mulai masuk asrama atau 24 jam sebelum terbang, pemeriksaan kesehatan dan dokumen jamaah tak ada masalah,” kata Kabid Urusan Haji Dan Umroh Kanwil Depag Provinsi Jawa Timur HM.Sakur di Surabaya, Rabu (9/9/2015).

Setiap hari, Embarkasi Haji Surabaya memberangkatkan tiga kloter, masing-masing 450 orang. “Jumlah itu termasuk lima petugas haji, yaitu Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, satu dokter kloter dan dua paramedis,” jelas Sakur.

Sebelum terbang, menurut dia, jamaah dikumpulkan di Aula Bir Ali untuk penyelesaian administrasi dan pembekalan dari petugas haji Kanwil Depag Jatim.

“Butuh waktu antara 2-3 jam setiap kloter untuk proses administrasi, imigrasi, pembagian living cost sampai check in dari maskapai Saudi Arabia Airlines kemudian diberangkatkan ke Bandara Juanda Surabaya,” kata Sakur lagi.

Sejauh ini, tingkat kesadaran jamaah haji untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang makin kecil.

“Kalau memang ada, itu tak signifikan seperti membawa sambel, bumbu masak dan lainnya. Itupun yang dibawa di tas jinjing dan tidak banyak,” jelas Sakur.

Asrama Haji Sukolilo termasuk kawasan terbatas, selain jamaah dan petugas haji tak boleh masuk. “Dengan begitu, diharapkan proses pengurusan dokumen dan keberangkatan jamaah haji aman dan lancar,” terang Sakur.

“Asrama Haji diberlakukan kebijakan satu pintu. Hanya orang yang berkepentingan yang diizinkan masuk,” tegas Sakur. (helmi)

loading...