Angkasa Pura 2

Investigasi Kementerian LHK

18 Perusahaan Sengaja Bakar Lahan

Lingkungan & KehutananKamis, 10 September 2015
bakar

JAKARTA (beritatrans.com) — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tengah menginvestigasi 18 perusahaan yang disinyalir menjadi penyebab terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Menteri LH dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, mengatakan sedikitnya ada sekitar 18 perusahan yang sudah diinvestigasi terkait permasalahan kabut asap.

“Banyak perusahaannya, yang kabut asap di Sumatera Selatan ada dua perusahaan, di Riau ada dua, di Kalimantan Barat ada tujuh, di Kalimantan Tengah ada tujuh,” kata Siti, Kamis (10/9).

Rata-rata, kata dia, perusahaan yang diinvestigasi tersebut merupakan perusahaan sawit yang menurut dugaannya sengaja melakukan pembakaran lahan.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya malas untuk melakukan replanting atau penanaman kembali sehingga mencari jalan cepat yakni dengan membakar lahan.

“Itu baru dugaan, kita belum tahu apakah dia sengaja atau tidak. Tapi dari gambarnya kelihatan ada yang baru dibuka lahannya, yang kita tahu itu kawasan hutan yang dikonversi ya berarti itu bukan baru, tapi sengaja kan. Tapi kita lakukan verifikasi dulu,” terang Siti.

Lebih jauh dia menambahkan, nantinya jika dugaan tersebut terbukti maka pemerintah akan memaksa perusahaan tersebut untuk meminta maaf pada publik.

Pasalnya, karena dari ulahnya tersebut telah mengganggu aktivitas warga karena terkena kabut asap.

“Sudah menyakiti rakyat, semuanya harus minta maaf,” jelas dia.(fenty)