Angkasa Pura 2

Meski Ekonomi Melemah

Pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja Rangsang Investasi

KoridorKamis, 10 September 2015
jalan-tol

JAKARTA (beritatrans.com) — Pembangunan jalan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Kabupaten Bandung, dimulai hari ini, (Kamis, 10/9).

Konstruksi tol Soreang-Pasir Koja ditandai dengan groundbreaking yang dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soedjono.

Basuki mengatakan, jalan tol sepanjang 8,15 kilometer ini menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, serta terkoneksi dengan jalan tol Padalarang-Cileunyi.

“Groundbreaking ini menandakan, walaupun ada pelemahan ekonomi kita, namun pembangunan terus berjalan. Terbukti telah di-groundbreaking LRT (kereta api ringan) dan hari ini tol Soroja,” ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya.

Jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp1,51 triliun tersebut, diharapkan akan merangsang pelaku usaha untuk berinvestasi.

Hal itu terjadi usai pembangunan jalan tol Cikopo-Palimanan dimana mulai banyak dibangun fasilitas pendukung bisnis di kawasan tersebut.

Diketahui, Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Soreang-Pasir Koja telah ditandatangani pada 4 September 2015.

Menteri PUPR memberikan apresiasi kepada PT Citra Marga Lintas Jabar selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas tol tersebut yang berkomitmen untuk memulai pelaksanaan konstruksi jalan tol ini meskipun saat ini pengadaan tanah belum selesai seluruhnya.

“Saya percaya kapasitas investor dan anggota konsorsium, wali kota dan bupati bisa melaksanakan pembangunan tol ini, Bismillah, kita mulai bersama kita menjadi satu tim untuk melaksanakan tol Soroja ini,” jelas Basuki.

Jalan tol tersebut diharapkan menjadi jalan tol yang memperhatikan aspek keselamatan, kenyamanan, dan lingkungan, sehingga dapat dijadikan contoh untuk pembangunan jalan tol lain, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia internasional. (fenty)