Angkasa Pura 2

Stasiun Tanjung Priok Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah Perkeretaapian

EmplasemenJumat, 11 September 2015
250px-Stasiun_Tj.Priok

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Keberadaan Stasiun Tanjung Priok sejak jaman Hindia Belanda tidak dipisahkan dari pelabuhan Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok tahun 1950-an

Stasiun Tanjung Priok menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan Batavia yang berada di selatan. Alasan pembangunan ini karena pada masa lalu wilayah Tanjung Priok sebagian besar adalah hutan dan rawa-rawa yang berbahaya sehingga dibutuhkan sarana transportasi yang aman pada saat itu (kereta api). Pada akhir abad ke-19, pelabuhan Jakarta yang semula berada di daerah sekitar Pasar Ikan tidak lagi memadai, dan Belanda membangun fasilitas pelabuhan baru di Tanjung Priok.

Emplasemen Stasiun Tanjung Priok

Stasiun ini dibangun tepatnya pada tahun 1914 pada masa Gubernur Jendral A.F.W. Idenburg (1909-1916). Untuk menyelesaikan stasiun ini, diperlukan sekitar 1.700 tenaga kerja dan 130 di antaranya adalah pekerja berbangsa Eropa.

Sisi kanan Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok adalah salah satu stasiun tua yang terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Memiliki langgam bangunan art deco, stasiun ini termasuk salah satu bangunan tua yang dijadikan cagar budaya DKI Jakarta.

Memasuki awal abad 21, kondisi stasiun ini sangat memperhatikan. Namun, Sejak 28 Maret 2009, stasiun Tanjung Priok dapat kembali difungsikan dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kerika itu.

Persiapan dilakukan pada bulan November-Desember 2008 dengan dilaksanakannya renovasi besar-besaran terhadap fisik bangunan stasiun. Selanjutnya, proyek diteruskan dengan rehabilitasi fasilitas rel serta pembangunan perangkat sinyal elektrik pada awal tahun 2009.

Kini, Stasiun Tanjung Priok melayani khusus kereta apibarang peti kemas dan commuter Jabodetabek, juga terintergrasi dengan Trans Jakarta koridor 10 & 12. Selain itu, Stasiun Tanjung Priok menjadi tempat destinasi wisata sejarah perkeretapian. (Wepe)