Angkasa Pura 2

Forum Komunikasi Kelitbangan Kemenhub

Elly Sinaga: Forum Komunikasi Kelitbangan Ajang Saling Berbagi Pengalaman

LitbangWednesday, 16 September 2015

JAKARTA (beritatrans.com) — Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan DR Elly Adriani Sinaga, MSc membuka Pertemuan Berkala Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK) Kementerian Perhubungan, Rabu (16/9) pagi.

Elly mengatakan forum yang digelar berkala ini bagus untuk saling membagi informasi kelitbangan antar kementerian di Indonesia.

“Forum ini bagus untuk saling sharing karena kita di Balitbang di Indonesia ini harus bisa menghasilkan yang lebih baik,” kata Elly pada FKK yang kali ini bertema Kebijakan Peningkatan Hasil Penelitian dan Pengembangan Dalam Rangka Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Terlebih, kata Elly, FKK itu juga melibatkan Balitbang dari kementerian yang sudah maju hasil penelitiannya semisal Balitbang Pertanian atau Balitbang PU-Pera.

Menurutnya, Balitbanghub tidak sebanding dengan Balitbang Pertanian yang sudah banyak menghasilkan produk dan dimanfaatkan masyarakat.

fkk1

Elly menambahkan Balitbanghub dituntut untuk menghasilkan penelitian yang langsung bisa dimanfaatkan. Pasalnya, di Balitbang ini berisi personil atau SDM yang berilmu. “Litbang ini sumber ilmu, sumber kedisiplinan. Litbang harus jadi contoh buat yang lain,” ujarnya.

Forum Komunikasi Kelitbangan ini, diharap Elly bisa lebih intens menularkan kemajuan hasil-hasil penelitan masing-masing Litbang Kementerian.

“Forum ini aktif sehingga sesama litbang bisa dapat manfaat. Saling membagi misalnya, Litbang PUPera banyak hasilkan produk penelitian, kita bisa saling contek tapi yang bagus bagus.”

Ia menambahkan bagi Balitbanghub apapun yang tidak laku dijual tidak akan dibuat. “Kalau hasil penelitian itu bisa dimanfaatkan publik, itu baru sukses,” jelas Elly.

Dalam FKK kali ini diketahui dihadiri peserta terbanyak dari forum kelitbangan sebelumnya.

Hadir diantaranya dari perwakilan Ditjen Anggaran, Kementerian Keuangan, Badan Penelitian Hukum Kemenhumkam, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan instansi lainnya.

Dalam FKK kali ini diskusi berlangsung aktif yang menghadirkan empat pembicara yakni dari Ditjen Anggaran Kemenkeu, Badan Litbang Perhubungan, Badan Litbang Pertanian, dan Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.(fenty)