Angkasa Pura 2

Cairan Ampuh Perontok Karat

OtomotifKamis, 17 September 2015
rantai

BEKASI (Beritatrans.com) – Musim hujan memang belum saat tiba. Tapi tidak salahnya Anda yang mempunyai kendaraan sudah saatnya bersiap – siap menghadapinya. Sebab, bila musim hujan tiba setidaknya terkena air hujan bisa menimbulkan masalah pada kendaraan Anda.

Karat, misalnya. Air hujan yang Anda ketahui memiliki kadar keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan air tawar. Karena itu, air hujan bisa menimbuklan terjadinya karat pada sejumlah komponen pada kendaraan. Seperti, baut, jari-jari rantai dan gir adalah komponen yang paling rawan terserang karat. Tapi jika sudah terlanjur dan tidak sempat membersihkan karena kesibukan Anda.

Mudah saja, sekarang ini di pasaran audah banyak dijual cairan peluntur karat yang ampuh mengusir karan di kendaraan Anda. Ada 2 cairan yang mudah didapat :

Pertama, cairan penetran. Cairan ini adalah cairan kimia yang dibuat untuk merontokkan karat. Karat tadi sering kali kita temui di baut-baut motor seperti di swing arm, roda. Jika terlalu lam tidak dibuka. Bia jadi, susah untuk dikendorkan. Hanya dengan cairan kimia tadi diseprotkan kebagian-bagian yang berkarat. Karat pastinya mudah rontok sebab cairan ini bisa menembus pori-pori. Setelah disemprot baut-baut dipastikan akan lebih mudah.

Dan ada juga beberapa penetran ada juga yang dilengkapi dengan pelumas. jadi selain membersihkan kotoran dan karat, bisa juga untuk melumasi bagian-bagian seperti swing arm pada motor atau ensel pintu pada mobil.

Beberapa penetran ada juga yang bisa digunakan untuk mengurangi kelembaban kabel busi. Beberapa penetran yang dijual dipasaran diantaranya cyclo brake away, cyclo absolute fusion, Top1 RG80. Permatex Ultra Slick, WD-40 Smart Straw, 3 inc 1 Profesional, dan masih banyak lainya. Untuk harga cairan pembersih karat ini berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu untuk setiap botolnya.

Kedua, Chain Lube. Mungkin diantara anda pernah mengalami ketika motor habis diguyur hujan, rantai menjadi seret. Bagian rantai memang sangat rawan terserang karat akibat air hujan. Untuk mengatasinya anda bisa menyemprotkan cairan pembersih rantai yang juga berfungsi sebagai pelumas. Beberapa produk chain lube yang banyak dijual dipasaran diantaranya G-Zox, Motorex, Motul, Megacool, Master dan lain sebagainya. Harganya bervariasi, paling murah bisa anda dapatkan seharga Rp 15 ribu, namun ada juga yang dibanderol hingga ratusan ribu rupiah.

Nah itulah beberapa cairan pembersih karat yang bisa anda gunakan untuk merontokan karat pada motor anda. Sebaiknya jika motor anda habis digunakan untuk menerjang banjir, segeralah dicuci dengan air bersih. (Wahyu)