Angkasa Pura 2

Sukmanofith: Penghargaan Disnav Kelas II Semarang Untuk Kerja Keras Karyawan

Dermaga FigurJumat, 18 September 2015
HDN_2525_edit

JAKARTA (beritatrans.com) — Bagi Distrik Navigasi Kelas II Semarang, Jawa Tengah, Hari Perhubungan Nasional 2015 sangatlah istimewa.

Pasalnya pada hari spesial insan perhubungan itu, Kantor Distrik Navigasi Kelas II Semarang mendapat dua penghargaan sekaligus sebagai pejabat berkinerja terbaik.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sendiri menyerahkan penghargaan yang diraih Disnav Kelas II Semarang yang menjadi juara pertama Eselon III sebagai Pejabat Pengelola Informasi/Unit Pelaksana Teknis Kooperatif dalam pelaksanaan implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Tak hanya itu, Disnav Kelas II Semarang juga meraih juara dua Eselon III sebagai petugas pelayanan informasi dan dokumentasi yang korporatif terbaik 2015.

Diungkap Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas II Semarang, Jawa Tengah Ir. Sukmanovit Djulis, MM, apa yang diperoleh Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas II Semarang ini merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan disnav yang optimal melakukan tugasnya menggawangi aktivitas masyarakat dalam keselamatan transportasi dalam hal ini pelayaran.

Menurut dia, jajaran Disnav Kelas II Semarang maksimal memanfaatkan sarana dan prasarana untuk pelayanan umum kepada masyarakat guna mendapatkan informasi dan layanan tertentu sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

“Kami sampaikan apapun kepada masyarakat sesuai dengan informasi keterbukaan publik dengan sangat korporatif. Apalagi navigasi bagi masyarakat di pulau terpencil sangat penting untuk mendukung kebutuhan transportasi dalam hal ini pelayaran,” kata Sukmanofith kepada beritatrans.com dan tabloid BeritaTrans, usai menerima penghargaan dari Menhub Ignasius Jonan, Kamis (17/9).

Sukmanofith mengatakan peranan disnav yang sangat signifikan bagi masyarakat itu ditopang kerjasama antar pegawai yang tak kenal lelah menjalankan pelayanannya.

Ia menambahkan Disnav Kelas III Semarang memberikan pelayanan eksternal kepada masyarakat terkait jaminan keselamatan pelayaran salah satunya dengan memandu kapal-kapal yang akan masuk pelabuhan.

“Kita manfaatkan sarana prasarana yang ada ada seperti GPS dan VTS untuk memberi sinyal kepada kapal yang akan masuk ke pelabuhan.”

Sukmanofith juga mengapresiasi rekannya di Disnav yang tak kenal lelah memberikan Informasi dan sosialisasi kepada masyarakat soal keberadaan disnav.

“Seperti apapun kondisinya dengan prasarana yang ada, layanan logistik ke pulau-pulau terpencil selalu kami upayakan terlaksana dengan jaminan keselamatan yang maksimal,” jelas Sukmanofith.

Menurut dia, sekecil mungkin pihaknya menghindari penyampaian informasi yang tak akurat. “Apapun kendalanya kita tidak boleh tidak lakukan tugas. Kita selalu quick response atau memberikan respon secepat dan sedini mungkin untuk mengupayakan terselenggaranya layanan pelayaran aman,”kata dia. (Fenty/wepe)